Breaking News:

Pria di Kuningan Tewas Saat Mancing

Andi Sukandi, Pria yang Meninggal Saat Mancing di Waduk Darma Kuningan, Dikenal Sebagai Pemain Orkes

Kematian Andi Sukandi (52), Warga Dusun Manis Kabupaten Kuningan,yang diketahui sedang mancing di Waduk Darma, membuat sejumlah seniman lokal terkeju

Penulis: Ahmad Ripai | Editor: Mutiara Suci Erlanti
Kontributor Kuningan/Ahmad Ripai
Evakuasi korban meningal di Waduk Darma Kuningan 
Laporan Kontributor Kuningan, Ahmad Ripai
TRIBUNCIREBON.COM, KUNINGAN – Kematian Andi Sukandi (52), Warga Dusun Manis RT 02 RW 01 Desa Mekarmulya Kecamatan Garawangi Kabupaten Kuningan, yang diketahui sedang memancing di Waduk Darma, membuat sejumlah seniman lokal terkejut.
"Innalillai Wa Innalillahi Rojiun, kapan meninggalnya?,” kata Toni salah seorang Seniman di Kuningan saat ditanya seputar peristiwa terjadi pada Andi, Kamis (18/6/2020).
Dia mengatakan, sosok almarhum (Andi) yang akrab disapa Andi Suling ini memiliki jiwa sosial cukup tinggi di lingkungan masyarakat.
 “Dia mah orang baik, terus tidak terutup untuk membagikan keahlian dan  kemampuan dalam memainkan suling. Ya suka berbagi pengalamanlah,” ungkapnya. 
Sementara itu, Amun, tokoh Pemuda Desa Mekarmulya, Kecamatan Garawangi menyebutkan bahwa sosok almarhum semasa hidupnya itu pekerja keras. 
“Selain sebagai pekerja musik untuk menghibur warga saat mendapat job panggungan. Pak Andi juga suka keliling mencari rezeki dengan jasa isi ulang gas korek,” katanya.
 
Warga sempat tonton evakuasi Jenazah Andi
Andi Sukandi (52), Warga Dusun Manis RT 02 RW 01 Desa Mekarmulya Kecamatan Garawangi Kabupaten Kuningan ditemukan meninggal persis di bangku warung sekitar,
Penemuan mayat pemancing ikan di Waduk Darma ini sempat menarik perhatian warga setempat sehingga tidak sedikit warga datang dan menyaksikan langsung keberadaan jasad Andi yang tergeletak tadi. 
“Beruntung dari keramaian tadi, petugas medis dari Puskesmas, juga dari Tim Inafis Polres Kuningan lengkap gunakan APD (alat pelindung diri, red) saat melakukan evakuasi dan pemeriksaan jasadnya,” kata Komandam Rayon Militer (Danramil) 1502/ Kadugede, Kapten Czi Nasri melalui Babinsa Desa Jagara yakni Serda Toto Sudarto saat dilokasi kejadian, Kamis (18/6/2020).
Toto menerangkan, tidak ada ditemukan bukti kekerasan saat dilakukan pemeriksaan jenazah Andi.
“Berdasarkan informasi keluarga saat menjemput korban di lokasi, korban memiliki riwayat penyakit jantung,” kata Toto lagi.
Belum lama ini, ulas Toto, Andi usai menjalani perawatan medis di Rumah Sakit Jantung di Kuningan. 
 
“Iya tadi adiknya bilang, dua bulan terakhir bahwa Andi usai dirawat di RS Hasna Medika,” ujarnya.
Toto mengemukakan dari data terhimpun bahwa Andi berangkat dari rumah setelah waktu sholat subuh. 
“Kemudian setiba dilokasi atau di Waduk Darma ini, dia datang sekitar pukul setengah enam pagi,” katanya.
Awal kejadian hingga Andi meninggal, kata Toto, Andi yang sedang mancing ikan di sekitar gombangan atau lapak ikan jaring apung sempat pingsan.
“Bahwa korban sempat pingsan dan bersyukur tidak sampai jatuh di perairan Waduk Darma,” katanya.
Setelah itu, masaih kata Toto, korban pingsan tadi mendapat pertolongan dari teman mancingnya, yang tak jauh dari lapak korban. 
“Lalu kemudian, Andi diboyong ke daratan untuk diberikan pertolongan, namun tidak lama kemudian Andi meninggal,” ungkapnya. 
 
Andi meninggal saat mancing

Warga Desa Jagara Kecamatan Darma Kabupaten Kuningan digegerkan dengan peristiwa kematian salah seorang wisatawan di lokasi objek wisata Waduk Darma, Kamis (18/6/2020).

//

Kepala Desa Jagara, Nana membenarkan bahwa peristiwa kematian itu berlangsung sekitar pukul 09.30 WIB.

“Iya barusan ada info ada warga yang mancing meninggal, kami langsung ke tempat kejadian,” kata Nana.

Hal serupa ditambahkan, Sekretaris Desa Jagara yakni Dadang merunut bahwa korban yang juga pemancing ikan itu sebelumnya mendapat pertolongan.

“Sebab saat di atas gombangan atau sekitar lapak ikan jaring apung, dia sempat pingsan,” kata Dadang.

Dari sana, lanjut Dadang menceritakan, penolong Andi merupakan tukang mancing juga.

 Turunkan Kolesterol Tinggi Dengan Rutin Mengonsumsi Yogurt, Tapi Harus Pilih Jenis Yogurt Ini

“Usai menolong tidak tahu kemana. Kan, orang yang mancing keseini mah dari mana- mana,” ungkapnya.

Kematian Andi, kata Dadang, persis tidak jauh dari lokasi pemancingan yang ia tempati sebelumnya.

“Enggak tahu jelas, namun kata tukang warung disini, Andi menghembuskan nafas terakhirnya saat mau dilakukan pertolongan di bangku warung sini,” kata Dadang.

Soal identitas Andi meninggal di kawasan objek wisata perairan waduk darma, kata Dadang, memiliki nama lengkap sesuai dengan Kartu Tanda Penduduk yakni Andi Sukandi (52), Warga Dusun Manis RT 02 RW 01, Desa Mekarmulya, Kecamatan Garawangi, Kabupaten Kuningan.

“Kalau Andi jam datang untuk memancing disini, saya tidak tahu,” ungkapnya.

Sumber: Tribun Cirebon
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved