Breaking News:

Belajar dari Rumah di TVRI

Ini Bukti Berdirinya Kerajaan Tarumanegara di Jawa Barat, Materi Belajar dari Rumah Tingkat SMP

Kerajaan Tarumanegara merupakan salah satu kerajaan tertua di Nusantara, yang pernah berkuasa di wilayah pulau Jawa bagian barat

Penulis: Machmud Mubarok
Editor: Machmud Mubarok
cagarbudaya.kemendikbud.go.id
Prasasti Ciaruteun merupakan prasasti peninggalan kerajaan Tarumanegara. 

TRIBUNCIREBON.COM - Kerajaan Tarumanegara merupakan salah satu kerajaan tertua di Nusantara, yang pernah berkuasa di wilayah pulau Jawa bagian barat, menjadi bahan materi Program Belajar dari Rumah di TVRI untuk kelas 4-6 SD, Kamis (30/4/2020).

Program Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan ini menyediakan alternatif kegiatan pembelajaran selama anak belajar di rumah karena terdampak masa pandemik COVID-19.

Tayangan dalam program BDR meliputi tayangan untuk anak usia PAUD dan sederajat, SD dan sederajat, SMP dan sederajat, SMA/SMK dan sederajat, dan program keluarga dan kebudayaan.

Pembelajaran dalam BDR ini tidak mengejar ketuntasan kurikulum, tetapi menekankan pada kompetensi literasi dan numerasi.

Sebelum memulai Belajar dari Rumah di TVRI, ada baiknya orang tua mempelajari terlebih dahulu panduan pembelajaran untuk siswa.

Sebelum tayangan: Kurang lebih 10 menit sebelum program ditayangkan, orang tua mengajak anak duduk bersama dengan sikap rileks dan menjelaskan sekilas tentang lamanya tayangan dan aktivitas yang akan dilakukan dengan anak saat dan/atau sesudah menyaksikan tayangan tersebut. Anak juga menyiapkan alat tulis.

 Enam Hari Masa PSBB di Kota Bandung, Jumlah ODP, PDP, dan Positif Covid-19 Malah Naik

 Ada Wabah Covid-19, Jerinx SID Mengamuk di IG, Sama Sekali Tak Mau Percaya Pasien Mati karena Corona

 Nih Rincian THR yang Diterima PNS TNI/Polri dari Golongan I hingga Golongan IV Lebaran Tahun Ini

Bukti-bukti Sejarah Kerajaan Tarumanegara 
Bukti keberadaan Kerajaan Taruma diketahui melalui sumber-sumber yang berasal dari dalam maupun luar negeri.

Sumber dari dalam negeri berupa tujuh buah prasasti batu yang ditemukan empat di Bogor, satu di Jakarta dan satu di Lebak Banten.

Dari prasasti-prasasti ini diketahui bahwa kerajaan dipimpin oleh Rajadirajaguru Jayasingawarman pada tahun 358 M dan beliau memerintah sampai tahun 382 M.

Makam Rajadirajaguru Jayasingawarman ada di sekitar sungai Gomati (wilayah Bekasi). Kerajaan Tarumanegara ialah kelanjutan dari Kerajaan Salakanagara.

Halaman
1234
Sumber: Tribun Cirebon
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved