Breaking News:

Ramadhan 2020

TERNYATA Ini Alasan Salat Tarawih di Ponpes Al-Quraniyah Bisa Beres 6 Menit Saja

Meski ditengah Pandemi Covid-19 sekalipun, pengurus pondok pesantren sepakat untuk tetap menggelar Salat Tarawih kilat seperti tahun-tahun sebelumnya.

Penulis: Handhika Rahman | Editor: Fauzie Pradita Abbas
Istimewa
Pelaksanaan Salat Tarawih di Pondok Pesantren Al-Quraniyah, di Desa Dukuhjati, Kecamatan Krangkeng, Kabupaten Indramayu, Kamis (23/4/2020) 

Laporan Wartawan Tribuncirebon.com, Handhika Rahman

TRIBUNCIREBON.COM, INDRAMAYU - Pelaksanaan Salat Tarawih kilat kembali digelar di Pondok Pesantren Al-Quraniyah, di Desa Dukuhjati, Kecamatan Krangkeng, Kabupaten Indramayu pada bulan Ramadhan 1441 Hijriah.

//

Meski ditengah Pandemi Covid-19 sekalipun, pengurus pondok pesantren sepakat untuk tetap menggelar Salat Tarawih kilat seperti tahun-tahun sebelumnya.

Pengasuh Ponpes Al-Quraniyah, Azun Mauzun mengatakan, Salat Tarawih tahun ini bahkan semakin kilat dengan durasi hanya 6 menit saja.

"Tahun ini 6 menit karena sekarang sedang musim pandemi Covid-19, sehingga kami mempercepat gerakan lebih cepat satu menit dari tahun sebelumnya," ujar dia kepada Tribuncirebon.com saat dihubungi melalui sambungan seluler, Jumat (24/4/2020).

Azun Mauzun yang merupakan imam Salat Tarawih mengungkapkan rahasia kenapa salat tarawih di pondok pesantren setempat bisa secepat kilat.

Masjid Islamic Center dan Masjid Agung Indramayu Tidak Gelar Sholat Tarawih Berjemaah Ramadhan Ini

Pelanggan 900 VA nonsubsidi & 1.300 VA Terpilih Akan Dapat Diskon dari PLN & YCAB, Begini Alurnya

INI Kunci Jawaban Soal SD/SMP/SMA Belajar Dari Rumah di TVRI Senin 20 April 2020, Cek di Sini

Dia mengatakan, alasan salat tawarih dapat berlangsung cepat sebab hanya mengambil rukun-rukunnya saja.

Selain itu, bacaan surat yang dibaca dalam surat pun hanya surat-surat pendek.

Misal, surat Al-Ikhlas dibaca untuk empat rakaat salat, begitu pun rakaat selanjutnya seperti surat An-nas untuk empat rakaat selanjutnya.

"Dipercepat itu setiap surat pendek dibagi 4 rakaat, jadi semua dipercepat. Misal Al-Ikhlas dibgai 4 rakaat, dan sebagainya," ujar dia.

Dalam hal ini, Azun Mauzun menjamin, pelaksanaan Salat Tarawih di pondok pesantren setempat pun sudah menerapkan protokol pencegahan Covid-19 yang sudah dicanangkan oleh pemerintah.

Mulai dari melakukan penyemprotan cairan disinfektan di lingkungan masjid, menganjurkan jemaah mengenakan masker dan mencuci tangan.

Jarak antar jemaah pun dalam salat dijarak sepanjang satu meter sebagai penerapan social dan physical distancing.

"Salat tarawih kilat di sini sudah dilaksanakan kurang lebih sepuluh tahun," ujar dia. (*)

Sumber: Tribun Cirebon
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved