Belajar dari Rumah di TVRI

Jawaban Soal Situs Batu Berak Program Belajar dari Rumah di TVRI Jumat 24 April 2020

Situs Batu Berak merupakan situs permukiman karena ditemukan begitu banyak batu umpak dengan jumlah 156 buah yang terdiri dari 3 kelompok.

situsbudaya.id
Situs Batu Berak di Lampung. 

TRIBUNCIREBON.COM - Situs bersejarah atau megalitik Batu Berak di Lampung menjadi materi yang ditayangkan Program Belajar dari Rumah yang disiarkan TVRI pada Jumat (24/4/2020) untuk peserta didik tingkat SMP.

Program yang diselenggarakan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan ini merupakan alternatif pembelajaran untuk tingkat PAUD, SD, SMP, dan SMA di saat libur karena Pandemi Covid-19.

Khusus untuk tingkat SMP, pelajaran yang akan ditayangkan adalah tentang Situs Bersejarah Batu Berak.

Situs Megalitikum Batu Berak terletak di Kecamatan Kebon Tebu Lampung Barat. Situs Batu Berak berada di lahan dengan luas 3,5 hektare. 

Situs ini merupakan warisan budaya masa prasejarah, yang memiliki nilai kebanggaan nasional yang dapat diwariskan pada generasi muda.

 Dilansir dari portal situsbudaya.id, situs megalitik Batu Berak ini pertama kali diketemukan pada tahun 1951 oleh BRN (Badan Rekonstruksi Nasional). Penelitian pertama dimulai pada tahun 1980 oleh Prof Dr Aris Soekandar, seorang arkeolog dari Jakarta.

Kompleks situs megalitik Batu Berak ini berada di bawah naungan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Lampung yang bekerja sama dengan Badan Suaka Purbakala Banten.

Berdasarkan hasil penelitian, disimpulkan bahwa situs megalitik Batu Berak ini dahulu dipakai sebagai tempat pemujaan, bukan tempat permakaman pada zaman animisme. Situs ini telah melalui pemugaran selama empat tahap, yang dimulai pada tahun 1984 hingga 1989.

 Download Lagu MP3 Marhaban Ya Ramadhan - Haddad Alwi Feat Anti, Unduh di Sini

 DOWNLOAD MP3 Lagu Ramadan Maher Zain Dilengkapi Lirik Versi Indonesia dan Inggris

 Jadwal Acara TV, Kamis 23 April 2020: Sidang Isbat 1 Ramadhan di SCTV, The Expendables 2 di Trans TV

Pada tahun 1989, komplek situs megalitik Batu Berak ini mulai dibuka untuk umum baik untuk wisata maupun untuk keperluan penelitian.

Situs Batu Berak sudah teregistrasi secara nasional dengan nomor RNCB.20040303.04.000698 dengan nomor SK penetapan SK Menteri NoKM.12/PW.007/MKP/2004.

Halaman
123
Penulis: Machmud Mubarok
Editor: Machmud Mubarok
Sumber: Tribun Cirebon
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved