Virus Corona Mewabah

Nenek-nenek di Ciamis Terinfeksi Virus Corona, Sebelumnya Dijenguk Anaknya yang Pulang dari Jakarta

Kasus positif pertama Covid-19 di Ciamis adalah seorang nenek, berusia sekitar 72 tahun. Awalnya

bbc.co.uk/kompas.com
Virus Corona kini menyerang Wuhan China dan bisa menyebar ke Indonesia. Waspada! 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Andri M Dani

TRIBUNCIREBON.COM, CIAMIS – Kasus positif pertama Covid-19 di Ciamis adalah seorang nenek, berusia sekitar 72 tahun. Awalnya sempat terdata sebagai pasien dalam pengawasan (PDP).

//

“Kasus pertama (positif Covid-19) di Ciamis ini awalnya PDP. Hari ini naik terkonfirmasi positif,” ujar juru bicara PIK Covid-19 Ciamis, dr Bayu Yudiawan kepada Tribun, Rabu (1/4/2020).

Data semula jumlah PDP di Ciamis sebanyak 11 orang. Dengan adanya satu PDP yang positif, total  PDP di Ciamis per hari Rabu tinggal 10 orang, terdiri atas 6 orang laki-laki dan 4 orang perempuan.

Dari 10 PDP tersebut 3 orang sudah menyelesaikan masa PDP-nya. Seorang meninggal dunia. Dan enam orang lainnya masih menjalani PDP.

 UPDATE VIRUS CORONA DI JABAR RABU, Bertambah Lagi, Total 220 Kasus Virus Corona, Berapa Sembuh?

Sebelumnya Bupati Ciamis Dr H Herdiat Sunarya MM saat mengunjungi posko akses masuk Ciamis untuk antisipasi penularan Covid-19 di  Sindangkasih Rabu (1/4) pagi mengumumkan bahwa kasus pertama positif Covid-19 di Ciamis  adalah seorang warga berusia 72 tahun.

Dirawat di sebuah rumah sakit awalnya sebagai pasien rawat inap karena stroke. Menurut Bupati Herdiat, seminggu lalu pasien tersebut ditengok anaknya yang baru mudik dari daerah zona merah (Jabodetabek).

“Anaknya tersebut sempat menginap menunggui orangtuanya yang sedang dirawat karena stroke,” ujar Bupati Herdiat.

Setelah anaknya pulang, pasien tersebut mengalami sesak napas. Protokol kesehatan pun dilakukan karena pasien tersebut sempat kontak dengan anaknya yang baru datang dari daerah zona merah.

“Dari hasil test SWAB, yang bersangkutan positip Covid-19. Sekarang masih dirawat di ruang isolasi rumah sakit,” katanya.

 Kesulitan Uang, Mahasiswa Lakukan Penipuan Bermodus Jualan Masker Murah, Korban Rugi Puluhan Juta

Agar tidak terjadi  penularan yang meluas, Bupati Herdiat meminta petugas medis, survailance, gugus tugas Covid-19 Ciamis bergerak cepat mendata siapa  saja yang pernah berkunjung, menengok (besuk) dan menunggui pasien tersebut saat dirawat di rumah sakit. Dan segera lakukan isolasi.

Bupati Herdiat kembali mengimbau dan minta  perantau untuk  menahan diri dengan tidak mudik ke Ciamis sampai suasana Covid-19 reda.

Editor: Fauzie Pradita Abbas
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved