Virus Corona

PANDUAN Cek Mandiri Covid-19 tanpa Harus ke Rumah Sakit, Ikuti Langkah-langkah Berikut Ini!

Masyarakat kini tak perlu berdesak-desakan ke rumah sakit untuk mendeteksi awal infeksi virus corona (Covid-19).

IRNA
Ilustrasi Virus Corona 

TRIBUNCIREBON.COM- Masyarakat kini tak perlu berdesak-desakan ke rumah sakit untuk mendeteksi awal infeksi virus corona (Covid-19). 

Ini dimungkinkan setelah Pemprov Jatim meluncurkan Self Check Up Covid-19 (Cek Mandiri Covid-19) bagi warga Jawa Timur untuk bisa melakukan cek secara mandiri kondisi mereka yang terkait covid-19.

Cek kondisi diri melalui media digital yaitu website diharapkan bisa memberikan opsi bagi masyarakat untuk tidak langsung melakukan cek ke rumah sakit melainkan terlebih dahulu mengecek kondisi diri secara mandiri.

Website self check up covid-19 bisa diakses di checkupcovid19.jatimprov.go.id .

Dengan masuk ke situs tersebut, pengunjung akan diberikan sejumlah pertanyaan.

Misalnya apakah mengalami gejala sakit sesak nafas, demam, batuk, lalu ada riwayat pergi ke luar negeri atau daerah terjangkit, kemudian juga ditanyai apakah pernah berkontak dengan orang yang dinyatakan positif covid-19 sebelumnya dan seterusnya.

Website tersebut akan menyediakan pertanyaan dengan jawaban ya / tidak.

Yang kemudian akan memberikan kesimpulan orang tersebut butuh memeriksakan diri ke rumah sakit segera, atau hanya menunjukkan indikasi penyakit atau virus non covid lengkap dengan anjuran yang harus dilakukan.

 “Harapannya masyarakat tidak akan gupuh untuk segera periksa ke rumah sakit dan melakukan cek."

"Karena terkadang karena panik ada gejala sedikit langsung ke rumah sakit sehingga ada potensi antrian yang berkepanjangan,” kata Khofifah, dalam peluncuran di Grahadi, Rabu (18/3/2020) malam.

Halaman
1234
Editor: Mutiara Suci Erlanti
Sumber: Surya
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved