Breaking News:

Kuningan Siaga Satu Corona

Viral di Medsos, Warga Kuningan Meninggal Karena Virus Corona, Dirut RSUD Kuningan: Itu Hoaks

ketika ketakutan dan rasa panik itu muncul justru akan membuat ketahanan tubuh drop. Dalam kondisi seperti itu, tentu akan memudahkan penyakit masuk.

Penulis: Ahmad Ripai
Editor: Machmud Mubarok
TribunCirebon.com/Ahmad Ripai
Dirut RSUD Kuningan dr Deki Saefullah ditemui seusai rakor pencegahan virus Corona di Kuningan, Rabu (4/3/2020). 

Laporan Kontributor TribunCirebon.com, Ahmad Ripai

TRIBUNCIREBON.COM, KUNINGAN – Menyebar di media sosial informasi yang menyebutkan ada warga Kuningan yang meninggal karena virus Corona. Informasi itu dibantah langsung Direktur Utama RSUD Kuningan, dr. H. Deki Saefullah.

“Kami pastikan yang meninggal itu bukan terkena virus corona,” ucap Deki saat ditemui di Kompleks Setda Kuningan, seusai menghadiri Rakor Kesiapsiagaan dan Kewaspadaan terhadap Penyebaran Corona Virus (vicod 19), Rabu (4/3/2020).

Deki mengatakan, sejumlah informasi melalui foto dan video masuk melalui ponsel yang menyebutkan ada warga Kuningan terkena virus corona. ”Info itu hoaks,” ujar dia.

Soal pasien dari warga Kuningan yang bekerja di negara Iran, Deki mengatakan, memang betul ada, namun pasien tidak memiliki gejala atau terjangkit virus corana. “Pasien itu memiliki penyakit asma, bukan kena virus corona,” tegas Deki lagi.

Dalam menghadapi wabah penyebaran virus corona, kata Deki, itu bisa dilakukan dengan keberanian mental seseorang dalam melakukan aktivitas sehari-hari.

Pasalnya, ketika ketakutan dan rasa panik itu muncul justru akan membuat ketahanan tubuh drop. Dalam kondisi seperti itu, tentu akan memudahkan penyakit masuk.

“Jadi, rasa takut berlebihan itu, menurunkan imunitas dalam tubuh kita. Untuk itu, lawan saja keadaan tersebut,” ucap Deki kepada awak media.

Selain melakukan hidup sehat, kata Deki, ada cara lain mencegah penyebaran virus corona tersebut. Di antaranya rutin berolahraga dan selalu memperbanyak pasokan cairan pada tubuh.

“Perbanyak minum dan biarkan saja, ketika kita sering mengeluarkannya melalui air seni (kencing, red). Saya contohkan, jika baju semakin sering dibilas, itu akan lebih bersih. Nah, hal ini juga sama dengan tubuh. Semakin sering banyak kencing, semakin bagus bagi kesehatan,” beber Deki.

Halaman
123
Sumber: Tribun Cirebon
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved