Breaking News:

Virus Corona

Gubernur Ridwan Kamil: Jawa Barat Siaga 1 Virus Corona, Minta Warga Saling Mendoakan

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menyatakan Jabar siaga satu virus Corona covid-19.

Tribun Jabar/M Syarif Abdussalam
Gubernur Jabar Ridwan Kamil 

TRIBUNCIREBON.COM- Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menyatakan Jabar siaga satu virus Corona covid-19 setelah Presiden dan Menteri Kesehatan RI menyatakan ada dua warga Kota Depok yang dinyatakan positif terpapar virus Corona.

"Ya kita di posisi siaga satu virus Corona di Jabar," kata Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil yang akrab disapa Emil tersebut saat diwawancara di Bogor, Senin (2/3/2020).

Emil menyatakan semua rumah sakit di 27 kabupaten dan kota di Jabar pun bersiaga, terutama rumah sakit utamanya. Emil meminta warga Jabar pun untuk selalu waspada menghadapi virus yang sudah menyerang 80 ribuan orang di dunia ini.

 Cuci Tangan Kunci Cegah Terinfeksi Virus Corona, Ini Langkah yang Benar Menurut WHO

"Saya imbau warga yang mengalami atau melihat ada gejala-gejala yang mirip, ya kan susah dibedakan mana flu mana Corona, untuk segera mengecek," katanya.

Rumah Sakit Hasan Sadikin Bandung sebagai rumah sakit rujukan infeksi di Jabar, katanya, akan menindaklanjuti laporan tersebut, termasuk yang akan mengirim sampel pasien ke Balitbangkes.

"Apakah teridentifikasi positif atau negatif, itu akan dilakukan," ujarnya.

Emil mengatakan pihak keimigrasian pun sudah ditingkatkan kewaspadaannya agar mereka yang datang di pelabuhan maupun bandara dicek temperatur suhu tubuhnya.

"Yang ketiga saya sudah instruksikan Disnaker untuk mengecek keberadaan tenaga kerja dari Tiongkok dan lainnya. Posisi di mana dan gimana, dan rajin dikordinasikan," katanya.

Emil mengatakan Presiden Jokowi baru saja mengumumkan terkait dua WNI ini yang positif terdampak virus covid-19 atau corona virus. Dua WNI tersebut diduga terdampak dari warga Jepang saat close contact di Jakarta.

Konglomerat Ini Tinggal Bersama Dengan 4 Istri & Belasan Simpanan, Ngaku 40 Kali Bercinta Sebulan

"Kedua warga tersebut berdomisili di  Depok. Bapak Menteri Kesehatan dalam sambungan telepon meyakini bahwa virus Corona tidak ada di rumah mereka atau di lingkungan domisili mereka di  Depok.

Semoga benar adanya. Situasi saat ini, rumah yang bersangkutan sudah diisolasi," katanya.

Emil mengimbau warga agar menjaga kesehatan dan kebugaran fisik sehingga imunitas tubuh selalu kuat. Segera melapor ke Rumah Sakit terdekat jika mengalami atau melihat orang terdekat mengalami gejala demam, batuk, dan sesak napas bersamaan.

Virus Corona Sudah Masuk Indonesia, Ini 5 Hal Sederhana Agar Tidak Tertular Virus SARS-CoV-2

"Pemerintah pusat dan daerah sudah menyiapkan fasilitas isolasi yang baik dan berstandar WHO di banyak rumah sakit. Pintu masuk ke wilayah NKRI juga sudah dari awal tahun diperketat dengan thermal scanner untuk memastikan kita bisa mendeteksi dengan baik. Jangan lupa saling mendoakan agar kita dijauhkan dari marabahaya," ujarnya. (Sam)

Cara Cegah Virus Corona

Halaman
1234
Sumber: Tribun Jabar
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved