Puncak Arus Mudik Natal & Tahun Baru Diprediksi Pada 20-21 Desember, Bandung Bakal Banjir Wisatawan

pihaknya pun mendapat informasi bahwa akan banyak warga Jabodetabek yang tidak menginap di Bandung, tetapi kembali ke Jakarta setelah beberapa saat di

Tribun Jabar/Lutfi Ahmad Mauludin
Situasi arus lalu lintas di Cileunyi jelang natal dan akhir tahun baru, Senin (16/12/2019). 

Laporan Wartawan Tribun, Lutfi Ahmad Mauludin & M Syarif Abdussalam

TRIBUNCIREBON.COM, BANDUNG- Di libur panjang Natal dan tahun baru 2019-2020 daerah Jawa Barat banyak menjadi tujuan wisata dan menjadi jalur perlitasan bagi masyarakat Jakarta yang hendak menuju Jawa Tengah atau Jawa Timur.

Dirlantas Polda Jabar, Kombes Eddy Djunaedi, mengungkapkan, untuk puncak arus mudik dan liburan pertama diprediksi akan terjadi 20-21 Desember 2019, untuk selanjutnya melihat lagi situasi dan kondisi.

"Itu merupakan prediksi puncak pertama arus dari arah jaya (Jakarta)," ujar Eddy, di Lingkar Cileunyi, Kabupaten Bandung, Senin (16/10/2019).

Eddy mengatakan, lalulintas dari arah Jakarta menuju Jawa Barat masih normal.

"Saya mendapat laporan dari Kasatlantas Karawang bahwa antara jalur Jakarta-Cikampek dari atas atau bawah, sampai saat ini normal. Kalaupun ada lonjakan tidak akan mengganggu volume dan arus lalulintas," kata dia.

Eddy mengimbau kepada warga masyarakat yang melaksanakan Natal dan tahun baru diharapkan bersikap saling menghormati dan menghargai dalam mengunakan jalan yang ada. 

Dirlantas Polda Jabar, Kombes Eddy Djunaedi sedang berdialog dengan Kasatlantas Polresta Bandung, AKP Hasby Ristaman, di Lingkar Cileunyi, Kabupaten Bandung, Senin (16/12/2019).
Dirlantas Polda Jabar, Kombes Eddy Djunaedi sedang berdialog dengan Kasatlantas Polresta Bandung, AKP Hasby Ristaman, di Lingkar Cileunyi, Kabupaten Bandung, Senin (16/12/2019). (Tribun Jabar/Lutfi Ahmad Mauludin)

Banjir Wisatawan ke Bandung

Di tempat terpisah, Kepala Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek,  Bambang Prihartono, mengingatkan bahwa volume arus kendaraan dari Jabodetabek ke Bandung diprediksi meningkat tajam pada masa libur akhir tahun 2019. Hal ini dipicu oleh pengoperasian Jalan Tol Jakarta-Cikampek Elevated atau Tol Layang Japek II, akhir pekan lalu.

Memang kalau dibandingkan dengan saat liburan Lebaran, katanya, peningkatan volume arus kendaraan pada libur Natal dan Tahun Baru ini tidak terlalu signifikan. Namun, pihaknya harus mengantisipasi apapun yang akan terjadi di akhir tahun ini.

Halaman
12
Editor: Machmud Mubarok
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved