Sampah Menumpuk Sampai 3 Tahun di Pintu Air Sungai Cikeruh Dikeruk, Volumenya Ternyata Sebanyak Ini

Pihaknya telah berkoordinasi dengan direktur kontraktor tersebut terkait kebersihan yang menjadi tanggung jawabnya

Sampah Menumpuk Sampai 3 Tahun di Pintu Air Sungai Cikeruh Dikeruk, Volumenya Ternyata Sebanyak Ini
Tribuncirebon.com/Hakim Baihaqi
ILustrasi Sungai Tumpang Cirebon Tertupi Sampah Selama Lebih Dari 5 Tahun?, Volume Air Jadi Sedikit & Hitam 

TRIBUNCIREBON.COM - Tumpukan sampah di bendungan pintu air sungai Cikeruh telah dibersihkan. Sebanyak 110 ton sampah telah diambil dari sungai tersebut.

Pembersihan sampah ini dilakukan Satgas Citarum Harum Sektor 21 di Bendungan Pintu Air di Kampung Sukarame, Desa Cileunyi, Kabupaten Bandung. Petugas menilai tumpukan sampah tersebut bukan dari sungai.

"Tumpukan sampah yang ada di titik lokasi pintu air bukan berasal dari aliran sungai karena sudah hampir 3 tahun aliran sungai Cikeruh di wilayah ini, yang sepanjang kurang lebih 3 kilometer, tidak berfungsi (mati)," kata Dansektor 21 Kolonel Inf Yusep dalam keterangan tertulisnya, Sabtu (30/11/2019). 

Menurutnya, kondisi ini disebabkan adanya proyek normalisasi sungai yang dikerjakan kontraktor.

"Kondisi ini disebabkan sedang dilaksanakan pengerjaan proyek normalisasi sungai oleh BBWS melalui kontraktor PT Karunia Guna Inti Semesta, " jelasnya.

Pihaknya telah berkoordinasi dengan direktur kontraktor tersebut terkait kebersihan yang menjadi tanggung jawabnya tersebut.

"Kebersihan sepanjang 3 kilometer tersebut menjadi tanggungjawab kontraktor. Sedangkan Sektor 21 akan mengawasi kegiatannya di lapangan " ucap Yusep.

Timnas Cari Pelatih, Luis Milla Presentasi di Manila, Ini yang Dikatakannya kepada Pengurus PSSI

CATAT Live SCTV, Jadwal Timnas U20 Melawan Arsenal, Real Madrid dan Inter Milan di International Cup

Pembersihan sampah tersebut dilakukan dengan menggunakan alat berat di antaranya 2 unit alat berat excavator dan 12 unit armada dumptruck.

Untuk personil mengerahkan personil Satgas Sektor 21 Subsektor 1 dan 2, Koramil Rancaekek dan Koramil Cileunyi serta puluhan orang masyarakat setempat.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Sampah 110 Ton Selama 3 Tahun di Sungai CIkeruh Berhasil Dibersihkan", https://regional.kompas.com/read/2019/11/30/09311941/sampah-110-ton-selama-3-tahun-di-sungai-cikeruh-berhasil-dibersihkan.
Penulis : Kontributor Bandung, Agie Permadi
Editor : Diamanty Meiliana

Editor: Machmud Mubarok
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved