Ini Dia Solusi Kemenaker Agar Para Purna Pekerja Migran Urungkan Niat Berangkat Lagi ke Luar Negeri

Mereka akan didampingi dan dilatih langsung oleh pelatih yang ahli dibidangnya termasuk cara memulai usaha, dan menjalankan usaha.

Ini Dia Solusi Kemenaker Agar Para Purna Pekerja Migran Urungkan Niat Berangkat Lagi ke Luar Negeri
Tribuncirebon.com/ Handhika Rahman
Ibu-ibu calon PMI dan purna PMI di Desa Singakerta, Kecamatan Krangkeng, Kabupaten Indramayu saat mempelajari usaha produktif tata rias di Kantor Desa setempat, Jumat (29/11/2019). 

Laporan Wartawan Tribuncirebon.com, Handhika Rahman

TRIBUNCIREBON.COM, INDRAMAYU - Sebanyak 40 calon Pekerja Migran Indonesia (PMI) dan purna PMI di Desa Singakerta, Kecamatan Krangkeng, Kabupaten Indramayu mengikuti program Desa Migran Produktif (Desmigratif), Jumat (29/11/2019).

Tenaga Kerja Sukarela (TKS) Kemenaker, Anwarudin mengatakan, melalui program Desmigratif, Kementerian Ketenagakerjaan (Kemenaker) berupaya mengedukasi, memberdayakan dan meningkatkan perlindungan kepada para calon PMI, purna PMI serta anggota keluarganya.

"Kami di sini melalui Desmigratif melakukan pendampingan kepada para purna-purna PMI dalam edukasi, dan pemberdayaan," ujar dia kepada Tribuncirebon.com.

Anwarudin menjelaskan, untuk menciptakankan sebuah desa menjadi Desmigratif, ada 4 buah pilar yang mesti dibangun.

Pertama, edukasi imigrasi kepada para calon PMI. Edukasi ini berupa informasi mengenai bagaimana bekerja ke luar negeri secara legal, termasuk pengurusan dokumen, dan lain sebagainya.

Kedua, usaha produktif. Melalui kegiatan ini para purna PMI difokuskan untuk meningkatkan keahliannya dalam berwirausaha.

Mereka akan didampingi dan dilatih langsung oleh pelatih yang ahli dibidangnya termasuk cara memulai usaha, dan menjalankan usaha.

Adapun keterampilan yang diberikan dalam program tersebut akan disesuaikan dengan potensi yang ada di desa setempat serta keinginan dari masing-masing purna PMI.

"Sekarang di Desa Singakerta kita ada usaha kreatif tata rias dan membuat kue kering. Ini atas kemauan mereka jadi mereka yang memilih," ucapnya.

CATAT Live SCTV, Jadwal Timnas U20 Melawan Arsenal, Real Madrid dan Inter Milan di International Cup

Mantan Menteri Jokowi, Susi Pudjiastuti, Bakal Bagi-bagi Kapal untuk Nelayan di Lampung

Halaman
12
Penulis: Handhika Rahman
Editor: Muhamad Nandri Prilatama
Sumber: Tribun Cirebon
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved