KABAR GEMBIRA, SPP SMA Tahun Depan Bakal Gratis, Ridwan Kamil: Alhamdulillah Sudah Diketok Palu

Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil mengatakan iuran bulanan peserta didik (IBPD) untuk sekolah setingkat SMA di Jabar akan dibebaskan

KABAR GEMBIRA, SPP SMA Tahun Depan Bakal Gratis, Ridwan Kamil: Alhamdulillah Sudah Diketok Palu
Tribuncirebon.com/Eki Yulianto
Sejumlah kegiatan yang diselenggarakan SMKN 1 Palasah Majalengka dalam rangka wujud sekolah ramah anak 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Syarif Abdussalam

TRIBUNCIREBON.COM, BANDUNG - Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil mengatakan iuran bulanan peserta didik (IBPD) untuk sekolah setingkat SMA di Jabar akan dibebaskan atau digratiskan mulai tahun ajaran 2020-2021.

Gubernur yabg akrab disapa Emil ini mengatakan akhirnya anggaran sebesar Rp 1,4 triliun untuk IBPD atau yang dulu dikenal SPP ini sudah disiapkan dalam APBD 2020 dan sudah disahkan DPRD Jabar

“Alhamdulillah RAPBD sudah diketok palu, tinggal dievaluasi Kemendagri. Alhamdulillah bisa dimulai SPP gratis untuk SMA sederajat,” katanya di Gedung Sate, Kamis (28/11).

Menurut Emil, bantuan untuk siswa ini tidak hanya berlaku untuk SMA/SMK negeri, namun juga berlaku untuk siswa yang tidak lolos PPDB, untuk difasilitasi menuntut ilmu di sekolah swasta.

“Untuk siswa tidak mampu dan tidak lolos PPDB, ada bantuan juga di sekolah swasta. Untuk MA bantuannya sama, tapi disalurkan lewat Kemenag,” katanya.

Rencananya kebijakan iuran gratis ini akan mulai direalisasikan pada tahun ajaran baru pada Juli 2020 dengan besaran anggaran Rp 1,4 triliun. Kebijakan ini bisa direalisasikan seusai pihaknya melakukan penghematan sejumlah pos anggaran seperti bansos dan hibah hingga perjalanan dinas.

“Ini kan hasil menghemat hibah bansos. Dulu hibah bansos banyak sekali, sekarang kita cukupkan, efisienkan, sehingga bisa menemukan ruang Rp 1,4 triliun per tahun untuk menggratiskan SPP,” katanya.

Menurutnya, efisiensi paling besar dilakukan di mata anggaran hibah dan bansos. Sementara dari perjalanan dinas didapat efisiensi sebesar Rp 150 miliar lebih. (*)

Wagub Jabar Uu Ruzhanul Ulum Dilaporkan Kontraktor ke Polisi, Ridwan Kamil Bilang Begini

Beredar Opsi Penundaan Pembangunan Tol Bandung-Cilacap, Gubernur Jabar Ridwan Kamil Beri Respons Ini

Kunjungi Guru SD, Gubernur Jabar Ridwan Kamil Ingat Pernah Pecahkan Kaca Ruang Guru, Dihukum 7 Hari

Editor: Muhamad Nandri Prilatama
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved