Lulusan SMA/SMK di Indramayu Banyak yang 'Nganggur' di 2019, Kadisnaker Indramayu Bilang Begini

Disnaker Kabupaten Indramayu terus berupaya menjalin kerjasama dengan berbagai perusahaan serta meningkatkan kualitas SDM

Lulusan SMA/SMK di Indramayu Banyak yang 'Nganggur' di 2019, Kadisnaker Indramayu Bilang Begini
Tribuncirebon.com/Handhika Rahman
Kantor Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kabupaten Indramayu, Selasa (19/11/2019). 

Laporan Wartawan Tribuncirebon.com, Handhika Rahman

TRIBUNCIREBON.COM, INDRAMAYU - Masih banyak pencari kerja lulusan SMK/SMA di Kabupaten Indramayu yang belum terserap lapangan pekerjaan.

Kepala Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kabupaten Indramayu, Sri Wulaningsih mengatakan, di tahun 2019 ini jumlah pencari kerja lulusan SMK/SMA di Kabupaten Indramayu ada sebanyak 15.660 orang.

"Upaya-upaya tentu kita lakukan, terlebih di tahun 2020 pemerintah pusat memprioritaskan bagaimana menekan angka pengangguran untuk formasi kejuruan (SMK)," ucap dia kepada Tribuncirebon.com saat ditemui di ruangannya, Selasa (19/11/2019).

Ia menjelaskan, minimnya skill atau keahlian dari lulusan SMK/SMA menjadi indikator utama penyebab banyaknya pencari kerja yang belum terserap.

Kendala lain, yakni lapangan pekerjaan atau perusahaan-perusahaan yang ada di Indramayu jumlahnya masih minim dan belum mampu menyerap tenaga kerja dalam jumlah banyak.

Dalam ini, Disnaker Kabupaten Indramayu terus berupaya menjalin kerjasama dengan berbagai perusahaan serta meningkatkan kualitas SDM bagi para pencari kerja melalui program Balai Latihan Kerja (BLK) Indramayu.

Di sana, para pencari kerja akan difokuskan untuk meningkatkan keahlian. Ada sebanyak 5 keahlian umum yang bisa dipelajari, yakni komputer, teknik otomotif, garmen atau menjahit, pekerja domestik (baby sister, pengurus lansia), serta teknik las.

"Setelah lulus, mereka langsung tersalurkan melewati pemagangan, serta ada juga yang langsung direkrut oleh perusahaan yang sudah bekerjasama dengan kami sebelumnya," ujar dia.

Pelatihan melalui BLK ini dinilai efektif dalam meningkatkan kualitas para pencari kerja sebelum mereka bersaing dengan para pencari kerja lainnya.

33 Persen Pengangguran di Kabupaten Indramayu Selama 2018, Kadisnaker Indramayu Bilang Begini

Ratusan Buruh Geruduk Kantor Disnaker Indramayu, Minta Perjuangkan UMSK 2020 Naik 15 Persen

LOWONGAN PEKERJAAN: PT Honda Prospect Motor Buka Banyak Lowongan Kerja Nih, Yuk Buruan Daftar

Adanya BLK Indramayu ini juga disebutkan Sri Wulaningsih juga sejalan dengan wacana Kawasan Industri yang digagas pemerintah Kabupaten Indramayu.

Sehingga, pada saat para investor berdatangan ke Kabupaten Indramayu untuk membangun perusahaan di Kabupaten Indramayu. Dalam hal ini Disnaker Kabupaten Indramayu sudah menyiapkan SDM yang berkualitas.

"Harapan kita dengan adanya Kawasan Industri tentu bisa menyerap tenaga kerja sebesar-besarnya. Sedari sekarang kita sudah mendata para pencari kerja yang belum bekerja selain juga meningkatkan keahlian mereka," ucap dia. (*)

Penulis: Handhika Rahman
Editor: Muhamad Nandri Prilatama
Sumber: Tribun Cirebon
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved