Dua Ruang Kelas SMPN 2 Plumbon Ambruk, Kemendikbud Akan Segera Surati Kementerian PUPR

Dua Ruang Kelas SMPN 2 Plumbon Ambruk, Kemendikbud Akan Segera Surati Kementerian PUPR

Dua Ruang Kelas SMPN 2 Plumbon Ambruk, Kemendikbud Akan Segera Surati Kementerian PUPR
Tribun Jabar/Hakim Baihaqi
Dua ruang kelas Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) 2 Plumbon di Desa Gombang, Kecamatan Plumbon, Kabupaten Cirebon, Selasa siang (1/10/2019) sekitar pukul 13.00 WIB, roboh. 

Laporan wartawan Tribun Jabar, Hakim Baihaqi

TRIBUNCIREBON.COM, CIREBON - Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), akan segera berkomunikasi dengan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), terkait ambruknya dua ruang kelas SMPN 2 Plumbon, Kabupaten Cirebon.

Direktur Pembinaan Sekolah Menengah Pertama Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah (Ditjen Dikdasmen), Poppy Dewi Puspitawati, mengatakan, urgensi kebutuhan sarana dan prasarana, adalah prioritas bersama dalam menunjang pendidikan bagi siswa.

Dua Pria Bacok Sopir Taxi Online Hingga Tewas & Tubuh Korban Digilas Mobil, Kini Nasib Pelaku Miris

Dua Ruang Kelas SMPN 2 Plumbon Ambruk, Dewan Pendidikan Minta Disdik Cirebon Bertanggung Jawab

Dua ruang kelas Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) 2 Plumbon di Desa Gombang, Kecamatan Plumbon, Kabupaten Cirebon, Selasa siang (1/10/2019) sekitar pukul 13.00 WIB, roboh.
Dua ruang kelas Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) 2 Plumbon di Desa Gombang, Kecamatan Plumbon, Kabupaten Cirebon, Selasa siang (1/10/2019) sekitar pukul 13.00 WIB, roboh. (Tribun Jabar/Hakim Baihaqi)

‎"Atas nama kementerian, menyampaikan turut berduka cita atas musibah ini. Di mana, verifikasi sudah dilakukan, kami akan secepatnya menyurati PUPR agar segera diperbaiki," kata Poppy saat ditemui di SMPN 2 Plumbon, Desa Gombang, Kabupaten Cirebon, Jumat (6/10/2019).

DJ Bebby Fey Bongkar Modus Atta Halilintar Tanya Keaslian Payudara Berujung Minta Berhubungan Badan

Poppy menutukan, sambil menunggu realisasi perbaikan, langkah alternatif untuk proses kegiatan belajar mengajar (KBM) tetap jalan, salah satunya dengan menyediakan standar nasional yang biasa digunakan saat ada bencana.

Mekanisme perbaikan, kata Poppy, kembali berdasarkan atas pengajuan berbasis pada data pokok pendidikan (dapodik)

Dua Kelas SMPN Plumbon ambruk
Dua Kelas SMPN Plumbon ambruk (Istimewa)

"‎Sekitar bangunan 39.500 rusak, namun karena anggarannya tebatas tahun ini hanya mampu menyalurkan bagi 110 sekolah saja," katanya.

VIDEO Panas DJ Bebby Fey Dengan Seorang Pria Bukan Atta Halilintar, Bagian Tubuhnya Diciumi

Kepala Dinas Pendikan Kabupaten Cirebon, Asdullah Anwar, mengatakan, pihaknya menyerahkan sepenuhnya mekanisme kepada kemendikbud.

Asdulah mengatakan, pihak kemendikbud sangat responsif dan bisa meninjau langsung kondisi sekolah yang ambruk tersebut dan mengetahui langsung kerusakannya.

‎"Bisa terealisasi sesegera mungkin. Karena ini demi keberlangsungan pendidikan khususnya di Kabupaten Cirebon,” ‎katanya.

Lucinta Luna Tinju Cowok Hingga Terpental, Benda Jatuh Dari Badan Lucinta Ini Malah Jadi Perhatian

Dua ruang kelas Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) 2 Plumbon di Desa Gombang, Kecamatan Plumbon, Kabupaten Cirebon, Selasa siang (1/10/2019) sekitar pukul 13.00 WIB.

Berdasarkan informasi yang berhasil dihimpun Tribun Jabar, dua kelas yang roboh tersebut merupakan kelas VII I dan VII J, terjadi pada saat proses kegiatan belajar mengajar (KBM).

Pantauan Tribun Jabar, ambruknya bagian bangunan tersebut tepat di bagian atap dan puing bangunan berserakan terlihat memenuhi bagian ruang kelas.

20 Tahun Jadi Pejabat di Cianjur dan Kini Duduki Jabatan Sekdis, Teguh Tak Pakai Fasilitas Pejabat

‎Untuk menghindari warga dan orangtua memasuki lokasi kejadian, kepolisian masih memasang garis polisi, karena beberapa material bangunan masih banyak yang berjatuhan.

Penulis: Hakim Baihaqi
Editor: Mutiara Suci Erlanti
Sumber: Tribun Cirebon
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved