Ingin Naik Kereta Api Serasa Punya Sendiri? Pesan Saja KA Istimewa, Baru Diluncurkan PT KAI

Berbagai upaya KAI untuk meningkatkan layanan perkeretaapian diharapkan berkontribusi besar dalam memajukan Indonesia di sektor transportasi massal.

Ingin Naik Kereta Api Serasa Punya Sendiri? Pesan Saja KA Istimewa, Baru Diluncurkan PT KAI
Tribun Jabar/M Syarif Abdussalam
Menteri Perhubungan RI Budi Karya Sumadi dan Direktur Utama PT KAI Edi Sukmoro meluncurkan Kereta Istimewa di jalur kereta Pusat Pendidikan dan Pelatihan Ir H Djuanda PT KAI, Jalan Laswi, Kota Bandung, Sabtu (28/9), 

Laporan Wartawan Tribun, M Syarif Abdussalam

TRIBUNCIREBON.COM, BANDUNG - Kereta Api Argo Parahyangan Excellence dan Kereta Istimewa diluncurkan di jalur kereta Pusat Pendidikan dan Pelatihan Ir H Djuanda PT KAI, Jalan Laswi, Kota Bandung, Sabtu (28/9), bersamaan dengan peringatan Hari Ulang Tahun ke-74 PT KAI. Peluncuran kereta ini menambah jumlah keberangkatan kereta rute Jakarta-Bandung dan sebaliknya.

Kereta Api Argo Parahyangan Excellence ini memiliki waktu tempuh lebih pendek, yakni 2 jam 50 menit, sedangkan KA Argo Parahyangan reguler memiliki waktu tempuh sekitar 3 jam 30 menit.

KA Argo Parahyangan Excellence dijalankan mulai 1 Oktober 2019 dengan tarif Rp 150.000 untuk kelas Eksekutif dan Rp 110.000 untuk kelas Premium.

Kereta nomor KP/13257 jurusan Bandung-Gambir berangkat pukul 04.30 dan sampai pukul 07.20. Tempat duduk eksekutif berjumlah 200 kursi, premium 320 kursi.

Kereta api nomor KP/13300 jurusan Gambir-Bandung berangkat pukul 17.12 dan tiba di Bandung pukul 20.02, dengan jumlah tempat duduk eksekutif 400 kursi.

"Kehadiran KA ini merupakan kado ulang tahun dari KAI untuk masyarakat yang ingin menuju Bandung maupun Jakarta dengan waktu tempuh di bawah 3 jam. Dengan adanya 2 KA Argo Parahyangan Excellence ini, total KAI mengoperasikan 34 Jadwal KA Argo Parahyangan untuk kenyamanan para pelanggan," ujar Direktur Utama PT KAI Edi Sukmoro setelah meluncurkan kereta api tersebut.

PT KAI juga meluncurkan kereta komersial privat yang dinamakan Kereta Istimewa. Satu rangkaian Kereta Istimewa terdiri dari dua kereta berjenis KRD dengan total kapasitas 40 penumpang. Jadwal Kereta Istimewa dapat disesuaikan dengan keinginan pelanggan karena tidak dirangkaikan dengan perjalanan KA reguler.

Imam Nahrawi Diborgol, Tangannya Ditutupi Map, Pakai Rompi Oranye Ditahan di Rutan Guntur

Jika Keluarkan Perppu Cabut UU KPK, Sekretaris Fraksi PDIP: Mohon Maaf, Pak Presiden Tak Hormati DPR

Untuk tahap awal, kereta yang dikelola oleh anak usaha KAI yaitu PT KA Pariwisata ini, dapat dipesan untuk jarak menengah seperti Jakarta-Cirebon, Jakarta-Bandung, dan Jakarta-Semarang. Kereta Istimewa ini memiliki fasilitas seperti ruang rapat, lounge, mini bar, karaoke, musala, dan toilet.

“Kereta Istimewa cocok digunakan untuk bisnis, reuni, event, bahkan rekreasi keluarga dan lain sebagainya,” ujar Edi.

Halaman
12
Editor: Machmud Mubarok
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved