Sering Terjadi Kecelakaan di Tol Cipali, PT LMS Lakukan Cara Ini Tekan Risiko Kecelakaan

Dalam menekan angka kecelakaan di Tol Cikopo-Palimanan (Cipali), PT Lintas Marga Sedaya (LMS) memasang tali baja (Wire Ropes) di median jalan

Sering Terjadi Kecelakaan di Tol Cipali, PT LMS Lakukan Cara Ini Tekan Risiko Kecelakaan
Tribuncirebon.com/Eki Yulianto
Pemasangan tali baja (wire ropes) di KM 165 Tol Cipali oleh PT LMS. 

Laporan Wartawan Tribuncirebon.com, Eki Yulianto

TRIBUNCIREBON, MAJALENGKA - Dalam menekan angka kecelakaan di Tol Cikopo-Palimanan (Cipali), PT Lintas Marga Sedaya (LMS) memasang tali baja (Wire Ropes) di median jalan, Senin (23/9/2019).

General Manager Officer PT LMS, Suyitno mengatakan pemasangan empat tali baja tersebut salah satu program yang diterapkan PT LMS untuk mengurangi angka kecelakaan di Tol Cipali.

Dia menyampaikan, sejak 2015 PT LMS sudah menerapkan program-program guna meningkatkan keselamatan berkendara di jalan tol.

"Kami menggunakan konsep 3E, yaitu Engineering, Enforcement, dan Education untuk menurunkan tingkat kecelakaan lalu lintas di jalan tol. Nah salah satu program yang terdapat di Engineering yang sedang kami lakukan sekarang dan sudah memasuki tahap akhir di Bulan September ini yaitu pemasangan pembatas jalan tali baja," ujar Suyitno saat ditemui di sela-sela meninjau pemasangan Wire Ropes, Senin (23/9/2019).

Suyitno menyampaikan, pemasangan tali baja tersebut kali ini dilakukan di KM 156 Jalur A sepanjang 950 M.

Namun, untuk keseluruhan, kata dia, di 2019 ini total secara keseluruhan pemasangan tali baja tersebut 18 KM di beberapa titik di ruas Tol Cipali.

"Uji coba ketahanan tali baja juga telah dilakukan berdasarkan sudut-sudut yang sudah ditetapkan yaitu 15-20 derajat untuk kecepatannya 100km/jam. Dengan demikian, total tali baja di jalan tol Cipali yang telah mulai dipasang sejak 2016 adalah sepanjang 34 km," ucap dia.

Pemasangan tali baja (wire ropes) di KM 165 Tol Cipali oleh PT LMS.
Pemasangan tali baja (wire ropes) di KM 165 Tol Cipali oleh PT LMS. (Tribuncirebon.com/Eki Yulianto)

Suyitno menambahkan, tali baja yang telah terpasang ini akan tahan dengan beban hingga 80 ton. Sehingga, menurutnya, efektif menghindari kecelakaan apabila kendaraan menyeberangi jalur.

"Total beban yang dapat ditahan oleh keempat tali baja ini adalah 80 ton," kata Suyitno.

Selain itu, Suyitno menyebutkan, selain pemasangan tali baja, pihaknya juga sudah melakukan program-program yang ada pada konsep 3E tersebut.

BREAKING NEWS - Sopir Mengantuk, Mobil Muatan Pepaya Alami Kecelakaan di Tol Cipali Sampai Terbakar

Hati-hati, Ada Perbaikan Jalan di Km 155.600 Tol Cipali, Arus Kendaraan Mengular Sampai Km 150

Upaya Kurangi Angka Kecelakaan di Tol Cipali, PT LMS Lakukan 3E

Beberapa di antaranya, yaitu pemasangan rumble dot, pemasangan guardrail, pemasangan wight in motion, dan pemasangan lampu Strobo.

"Untuk konsep Enforcement, kami telah berkoordinasi dengan pihak kepolisian daerah setempat dan Dishub. Koordinasi dilakukan dalam rangka pelaksanaan Operasi Speed Gun secara rutin setiap 2 bulan sekali," ujarnya.

"Kalau konsep Education, kami melakukan kampanye keselamatan berkendara dilakukan diberbagai kegiatan seperti Cipali Festival, Bazaar Ramadhan dan safety induction bersama dengan Kementrian Perhubungan," ucap Suyitno. (*)

Penulis: Eki Yulianto
Editor: Muhamad Nandri Prilatama
Sumber: Tribun Cirebon
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved