Hari Pramuka

14 Agustus Hari Pramuka, Ternyata Ini Makna Tepuk Pramuka yang Sering Dilakukan Kakak-kakak Pramuka

Saat ini Pramuka menjadi salah satu kegiatan ekstrakurikuler wajib di hampir semua satuan pendidikan

14 Agustus Hari Pramuka, Ternyata Ini Makna Tepuk Pramuka yang Sering Dilakukan Kakak-kakak Pramuka
(Kompas.com/Alsadad Rudi)
Wali Kota Depok Idris Abdul Somad didampingi Wakil Wali Kota Pradi Supriyatna saat menghadiri Upacara peringatan Hari Ulang Tahun ke-56 Gerakan Pramuka digelar di halaman Balai Kota Depok pada Selasa (5/9/2017). 

TRIBUNCIREBON.COM - Tanggal 14 Agustus 1961 dilakukan Pelantikan Mapinas (Majlis Pimpinan Nasional) Kwarnas dan Kwarnari di Istana Negara, dilanjutkan penganugerahan Panji-panji Kepramukaan dan defile Pramuka untuk memperkenalkan Pramuka kepada masyarakat yang diikuti oleh sekitar 10.000 Pramuka.

Peristiwa ini kemudian disebut sebagai Hari Pramuka yang diperingati hingga sekarang.

Pramuka sendiri merupakan singkatan dari Praja Muda Karana, memiliki arti Jiwa Muda yang Suka Berkarya dan pertama kali dikenalkan zaman pemerintah Belanda tahun 1923.

Saat ini Pramuka menjadi salah satu kegiatan ekstrakurikuler wajib di hampir semua satuan pendidikan yang dimulai dari jenjang sekolah dasar hingga sekolah menengah atas.

Sebanyak 52 Paskibraka Indramayu Akan Jalani Pemusatan Latihan Sebelum HUT Ke-74 RI

ANEH, Kisah Rifky Umar Paskibraka, Rumahnya Hangus Terbakar Tapi Seragam Paskibranya Utuh

Pramuka memiliki banyak sekali manfaat dan masih sangat relevan dalam pembentukan karakter, termasuk generasi milenial saat ini.

Makna "Tepuk Pramuka"

Meski tidak pernah mengikuti sebelumnya, hampir semua dari kita mengenal dan tahu tentang "tepuk pramuka". Tepuk berirama sebanyak 13 kali ini (silahkan hitung sendiri bila tidak percaya:)) ternyata memiliki makna mendalam.

Dikutip dari ensklopediapramuka.com, jumlah 13 tepukan dalam tepuk pramuka melambangkan jumlah janji setia dalam pramuka yakni; Tri Satya (3) dan Dasa Dharma (10).

Tri Satya merupakan sumpah diucapkan peserta Pramuka, baik tingkat Siaga, Penggalang, Penegak maupun Pandega. Sedangkan Dasa Dharma menjadi pedoman bagi anggota pramuka dalam berperilaku sehari hari.

INI 68 Daftar Paskibraka Nasional 2019 Dari 34 Provinsi, Jabar Diwakili Siswa Bekasi dan Purwakarta

Paskibraka Tangsel Aurellia Meninggal Tak Wajar, Diduga Mendapat Hukuman Berlebihan dari Senior

Tri Satya

Halaman
123
Editor: Machmud Mubarok
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved