Gunung Tangkubanparahu Terjadi Erupsi Susulan, Wisatawan Diminta Pulang Lagi

Sejumlah wisatawan yang berkunjung ke Tangkubanparahu pascaerupsi susulan terpaksa harus balik lagi

Tribun Jabar/Hilman Kamaludin
Sejumlah wisatawan diminta untuk balik lagi karena Gunung Tangkubanparahu erupsi lagi 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Hilman Kamaludin

LEMBANG - Sejumlah wisatawan yang berkunjung ke Tangkubanparahu pascaerupsi susulan terpaksa harus balik lagi karena tempat wisata tersebut saat ini kembali ditutup, Jumat (2/8/2019).

Pantauan Tribun Jabar, wisatawan yang datang tersebut kebanyakan menggunakan mobil pribadi dan ada juga rombongan dengan menggunakan mobil bus. Namun, mereka hanya bisa masuk sampai gerbang masuk Gunung Tangkubanparahu.

Mereka langsung diberikan saran oleh petugas di pintu masuk agar langsung balik lagi karena mereka dipastikan tidak akan bisa masuk ke area wisata seperti Kawah Ratu.

PVMBG Minta Warga Waspada dan Tak Usah Khawatir, Jarak Aman Dinaikkan Menjadi 1,5 KM

Status Gunungapi Tangkuban Perahu Dinaikkan Jadi Waspada, Kepala PVMBG: Ada Peningkatan Ancaman

Fian Oktavian (43) misalnya, wisatawan asal Tanjung Karang, Lampung ini, mengaku tidak mengetahui adanya erupsi susulan sehingga ia bersama keluarganya berangkat untuk berwisata.

"Saya tahunya kemarin itu sudah dibuka, makanya saya kesini untuk membawa jalan-jalan anak dan keluarga," ujarnya saat ditemui di pintu masuk Gunung Tangkubanparahu, Jumat (2/8/2019).

Atas hal tersebut ia merasa kecewa karena tidak bisa melihat kondisi Gunung Tangkubanparahu pascaerupsi sepekan yang lalu. Tetapi kata dia, lebih baik memang seharusnya balik kanan demi keselamatan.

"Iya kecewa sih, tapi tidak apa-apa mending balik lagi demi keselamatan, paling sekarang mampir dulu ke Cikole, tadinya mau ngajak anak-anak ke atas, (kawah)," katanya.

Hal senada dikatakan Deni (37), pengunjung asal Bogor, ia juga merasa kecewa karena terpaksa harus balik lagi dan ia hanya bisa masuk sampai pintu masuk Gunung Tangkubanparahu.

"Saya gak tahu erupsi lagi, tahunya kemarin itu sudah dibuka, makanya saya kesini ingin melihat kondisi pascaeruspi sepekan yang lalu," ucapnya.

Kedua wisatawan tersebut pun, akhirnya tidak jadi untuk melihat kondisi Gunung Tangkubanparahu, khususnya Kawah Ratu karena tempat wisata tersebut saat ini ditutup kembali. (*)

Editor: Muhamad Nandri Prilatama
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved