Breaking News:

Sempat Tertimbun Longsor, Jalan Lingkar Jatigede Sumedang Kini Bisa Dilalui Kendaraan

Akses jalan Lingkar Timur Jatigede, Sumedang yang sempat terputus akibat timbunan material longsor, Minggu (15/1/2023) pagi sudah bisa dilalui

Dok BPBD Sumedang
Bencana longsor terjadi di kawasan jalan Lingkar Timur Jatigede, tepatnya di Desa Jemah, Kecamatan Jatigede, Sumedang, Sabtu (14/1/2023) malam. 

Laporan Kontributor TribunJabar.id Kiki Andriana dari Sumedang


TRIBUNCIREBON.COM, SUMEDANG - Akses Jalan Lingkar Timur Jatigede, Sumedang yang sempat terputus akibat timbunan material longsor, Minggu (15/1/2023) pagi sudah bisa dilalui oleh kendaraan. 
 
Sebelumnya, longsor membuat akses lalu lintas di jalan ini terputus. 


Pengemudi kendaraan dari kedua arah, yakni arah Kecamatan Jatigede menuju Kecamatan Jatinunggal dan sebaliknya tak bisa melintas. 


Longsor terjadi tepat di Desa Jemah, Kecamatan Jatigede, Sabtu (14/1/2023) malam. 

Baca juga: Tebing 15 Meter di Lingkar Timur Jatigede Sumedang Longsor, Akses Penghubung 2 Kecamatan Lumpuh


"Alhamdulillah pada pukul 03.00 material longsor  berhasil dibersihkan, sebagian bahu jalan sudah bisa dilalui kendaraan roda dua maupun roda empat, " kata Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Sumedang, Atang Sutarno kepada TribunJabar.id, melalui sambungan telepon. 

Bencana longsor terjadi di kawasan jalan Lingkar Timur Jatigede, tepatnya di Desa Jemah, Kecamatan Jatigede, Sumedang, Sabtu (14/1/2023) malam
Bencana longsor terjadi di kawasan jalan Lingkar Timur Jatigede, tepatnya di Desa Jemah, Kecamatan Jatigede, Sumedang, Sabtu (14/1/2023) malam (Dok BPBD Sumedang)


Atang mengatakan, meski sebagian jalur tersebut sudah bisa dilalui kendaraan, ia mengimbau pengguna jalan untuk ekstra hati-hati. 


Sebabnya, masih ada material yang tersisa di lokasi longsor itu. 


"Pengendara diimbau hati-hati. Proses lanjutan pembersihan longsor melihat kondisi," ucapnya.


Anggota BPBD Sumedang yang diterjunkan ke lokasi longsor berjibaku dengan warga setempat dan aparat gabungan membersihkan material longsor tebing setinggi 15 meter itu. 


Longsor dipicu oleh hujan dengan intensitas sedang di wilayah ini. Semalam, selain dengan tenaga manusia, pembersihan material juga dilakukan dengan mengerahkan satu unit alat berat.

 

Sumber: Tribun Jabar
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved