Breaking News:

Banser Kuningan Turut Jaga di Setiap Gereja untuk Pengamanan Ibadah Natal 2022

Menghadapi perayaan Hari Natal dalam setiap tahun menjadi kesan tersendiri bagi Susanto, yang juga Anggota Fraksi PKB DPRD Kuningan

Penulis: Ahmad Ripai | Editor: dedy herdiana
TribunCirebon.com/Ahmad Ripai
Ilustrasi Banser Kuningan saat Gelar Pasukan beberapa waktu lalu 

Laporan Kontributor Kuningan, Ahmad Ripai

TRIBUNCIREBON.COM, KUNINGAN - Menghadapi perayaan Hari Natal dalam setiap tahun menjadi kesan tersendiri bagi Susanto, yang juga Anggota Fraksi PKB DPRD Kuningan.

"Untuk setiap perayaan Hari Natal, kami turut serta menjadi relawan dalam penjagaan tiap Gereja di Kuningan," kata Susanto saat kepada TribunCirebon.com, Sabtu (24/12/2022).

Bobotoh Persib sekaligus Anggota DPRD Kuningan, Susanto
Anggota DPRD Kuningan, Susanto (Kontributor Tribuncirebon.com/Ahmad Ripai)

Susanto yang juga mantan Wakil Komandan Satuan Banser Kuningan, ini mengatakan, keikutsertaan dalam penjagaan di tempat ibadah saat perayaan Hari Natal. Tentu sebagai nilai sosial kemanusiaan sekaligus menciptakan kerukunan keberagaman agama.

"Alasan kami menjadi penjaga di tiap Gereja. Diantaranya sebagai bentuk penciptaan terhadap kerukunan antar umat beragama dan mengamalkan nilai Pancasila tentang toleransi," katanya.

Baca juga: Kumpulan Gambar Ucapan Natal 2022 yang Menarik, Desain Terbaru dan Kekinian

Pengurus Banser, kata Susanto mengklaim bahwa setiap kadernya itu berkomitmen dalam keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Selain itu, dalam penempatan kader sebagai petugas penjagaan di tiap Gereja itu minimal 2 orang di setiap Gereja.

"Untuk anggota Banser dalam penjagaan di setiap Gereja itu minimal 2 orang kader. Kemudian pelaksanaan penjagaan ini dilakukan sehari sebelum pelaksanaan Hari Natal," ujarnya.

Pengalaman lain saat mengikuti penjagaan di Gereja, kata Susanto menyebut, eksistensi Banser sangat merasa dalam menjaga sosial lingkungan. "Ya, kami rasakan sebagai kader Banser, kami berkomitmen menjaga sosial lingkungan masyarakat sekitar," katanya. (*)

Baca juga: Personel Brimob Sterilisasi Gereja di Kota Cirebon, Wakapolda Jabar Pastikan Malam Natal Kondusif

 

Sumber: Tribun Cirebon
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved