Breaking News:

Advertorial

Komisi I DPRD Minta Pemkot Cirebon Segera Implementasikan Perwali Nomor 37 Tahun 2019

Komisi I DPRD Kota Cirebon meminta Pemkot Cirebon segera mengimplementasikan Peraturan Wali Kota Cirebon

Penulis: Ahmad Imam Baehaqi | Editor: Machmud Mubarok
STIMEWA/DOK. HUMAS DPRD KOTA CIREBON
Ketua Komisi I DPRD Kota Cirebon, Dani Mardani (tengah), saat rapat kerja bersama camat, lurah, serta perwakilan LPM dan RW se-Kecamatan Kesambi di Aula Kecamatan Kesambi, Kota Cirebon, Jumat (23/9/2022). 

Laporan Wartawan Tribuncirebon.com, Ahmad Imam Baehaqi

TRIBUNCIREBON.COM, CIREBON - Komisi I DPRD Kota Cirebon meminta Pemkot Cirebon segera mengimplementasikan Peraturan Wali (Perwali) Kota Cirebon Nomor 37 Tahun 2019.

Ketua Komisi I DPRD Kota Cirebon, Dani Mardani, mengatakan, hingga kini perwali tersebut baru dilaksanakan kira-kira satu persen saja.

Padahal, perwali tentang pedoman pelaksanaan kegiatan pembangunan sarana dan prasarana serta pemberdayaan masyarakat kelurahan di Kota Cirebon itu harus diterapkan lima persen dari total APBD dikurangi Dana Alokasi Khusus (DAK).

"Jadi, kalau APBD Kota Cirebon Rp 1,5 triliun, anggaran musrenbang untuk pembangunan sarana dan prasarana serta pemberdayaan masyarakat di kelurahannya Rp 62 miliar," kata Dani Mardani saat ditemui usai rapat kerja bersama camat, lurah, serta perwakilan LPM dan RW se-Kecamatan Kesambi di Aula Kecamatan Kesambi, Kota Cirebon, Jumat (23/9/2022).

Baca juga: Komisi III DPRD Kota Cirebon Minta Sosialisasi KTP Bisa Gantikan Kartu BPJS Kesehatan Digencarkan

Menurut dia, hal tersebut harus segera dikonkretkan, karena hingga kini pelaksaannya belum berjalan sesuai regulasi yang telah ditetapkan.

Ia mengatakan, terdapat beberapa regulasi dan ketentuan yang mengatur hal itu, di antaranya, UU Nomor 23 Tahun 2014, Permendagri Nomor 130 Tahun 2018, dan Perwali Kota Cirebon Nomor 37 Tahun 2019.

Pihaknya mengakui, dalam rapat kerja kali ini juga membahas tentang kebijakan efisiensi anggaran belanja Pemkot Cirebon yang berkaitan musrenbang termasuk pengurangan pagu anggaran.

Selain itu, Komisi I DPRD Kota Cirebon juga menerima banyak aspirasi mengenai bantuan wali kota (bawal) yang disampaikan oleh perwakilan LPM dan RW se-Kecamatan Kesambi.

"Catatan-catatan dari rapat kerja ini akan disampaikan, sehingga efisiensi-efisiensi itu tidak sampai ke anggaran musbangkel, dan Perwali Nomor 37 Tahun 2019 dilaksanakan," ujar Dani Mardani.

Halaman
12
Sumber: Tribun Cirebon
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved