Breaking News:

Pengakuan Korban Terkaman Macan di Sumedang: Saya Lihat Didin Guling-guling Dengan Macan

Tiga warga Desa Tegalmanggung, Kecamatan Cimanggung, Kabupaten Sumedang yang diterkam macan kumbang kini telah kembali ke rumah mereka. 

Dok Kepala Desa Tegalmanggung, Cecep Ali Hasan
Adi, warga Dusun Tegalsaeutik RT02/10 Desa Tegalmanggung, Cimanggung, salah satu korban terkaman macan kumbang 

Laporan Kontributor TribunJabar.id Sumedang, Kiki Andriana

TRIBUNCIREBON.COM, SUMEDANG - Tiga warga Desa Tegalmanggung, Kecamatan Cimanggung, Kabupaten Sumedang yang diterkam macan kumbang kini telah kembali ke rumah mereka. 


Luka-luka mereka karena diterkam macan kumbang itu telah ditangani secara medis. Luka mereka diberi obat dan ditutup kain perban.

Tak satupun dari mereka yang tak mengucap syukur karena selamat dari terkaman hewan liar dilindungi itu. 


"Pertama nyerang ke saya, saya ketika itu sebisa-bisa saya membela diri. Gerakan cakarannya begitu cepat. Kuku-kukunya menggores kening dan wajah saya," kata Udes (40) kepada TribunJabar.id, Jumat  (9/9/2022) malam. 


Udes sekuat tenaga mengibaskan macan seukuran anjing dewasa itu. Macan pun lepas dari tubuh Udes. Seperti ketakutan, macan itu menyerang segala yang dianggapnya ancaman. 

Baca juga: HEBOH 3 Warga Sumedang Diserang Macan Kumbang, Bertarung Habis-habisan Sampai Macan Mati


Macan itu kemudian menyerang Didin (46). Tangan kiri Didin dekat sikut digigit macan itu. Bekas taring membuat sebagian daging tangannya bolong. 


"Macan itu mengincar leher. Saya melihat Didin berguling-guling dengan macan, saya tangkap macan itu," kata Adi (30), orang ketiga yang terlibat pertarungan dengan macan. 


Adi mencoba menjauhkan macan dari dua temannya yang telah terluka. Sayang, jempol Adi juga kena gigit macan, sampai akhirnya macan bisa ditenggelamkan di sungai dan mati. 

Adi, warga Dusun Tegalsaeutik RT02/10 Desa Tegalmanggung, Cimanggung, salah satu korban terkaman macan kumbang
Adi, warga Dusun Tegalsaeutik RT02/10 Desa Tegalmanggung, Cimanggung, salah satu korban terkaman macan kumbang (Dok Kepala Desa Tegalmanggung, Cecep Ali Hasan)


Jasad macan kumbang itu kini dibawa ke Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Jawa Barat. 


Seekor macan kumbang seukuran anjing dewasa menyerang tiga warga Desa Tegalmanggung, Kecamatan Cimanggung, Kabupaten Sumedang


Ketiga orang tersebut sedang berada di kebun, sekitar 1,5 kilometer dari batas Taman Buru Masigit Kareumbi (TBMK) untuk merawat tanaman-tanaman alpukat milik seorang juragan di Kota Bandung. 


Penyerangan oleh macan itu terjadi pada Rabu (7/9/2022) siang, sekitar pukul 14.00 WIB. Macan tersebut memasuki area perkebunan dan mula-mula menyerang satu di antara tiga petani itu. 


Kepala Desa Tegalmanggung, Cecep Ali Hasan mengatakan bahwa orang yang pertama kali mendapat serangan itu terpojok karena ganas dan liarnya macan. 


"Orang pertama galungan (bertarung) dengan macan itu. Demi menyelamatkan temannya, dua petani lainnya membantu," kata Cecep saat dihubungi TribunJabar.id, Jumat.

Sumber: Tribun Jabar
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved