Breaking News:

Forlalin Kota Cirebon Setujui Besaran Kenaikan Tarif Angkot yang Diusulkan Organda

Besaran kenaikan tarif angkot di Kota Cirebon ialah Rp 6 ribu untuk umum yang sebelumnya Rp 4 ribu dan bagi pelajar atau mahasiswa dari Rp 3500

Penulis: Ahmad Imam Baehaqi | Editor: Machmud Mubarok
TribunCirebon.com/Ahmad Imam Baehaqi
Perwakilan Forlalin Kota Cirebon saat rapat penyesuaian tarif angkot dampak kenaikan harga BBM bersubsidi di Dishub Kota Cirebon, Jalan Terusan Pemuda, Kota Cirebon, Rabu (7/9/2022). 

Laporan Wartawan Tribuncirebon.com, Ahmad Imam Baehaqi

TRIBUNCIREBON.COM, CIREBON - Forum Lalu Lintas (Forlalin) Kota Cirebon menyepakati kenaikan tarif angkutan kota (angkot) sesuai usulan DPC Organda Kota Cirebon.

Besaran kenaikan tarif angkot di Kota Cirebon ialah Rp 6 ribu untuk umum yang sebelumnya Rp 4 ribu dan bagi pelajar atau mahasiswa dari Rp 3500 menjadi Rp 4 ribu.

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Cirebon, Andi Armawan, mengatakan, keputusan itu telah disepakati bersama DPC Organda Kota Cirebon dan para pengurus jalur angkot di Kota Udang.

Baca juga: Harga BBM Naik, Organda Kota Cirebon Sepakati Kenaikan Tarif Angkot, Segini Besarannya

Menurut dia, penetapan besaran kenaikan tarif angkot tersebut juga telah dihitung menggunakan acuan biaya operasional kendaraan (BOK).

"Jadi, tidak sembarang ditetapkan, karena kami selalu menggunakan hitungan BOK sebagai acuannya," kata Andi Armawan saat ditemui di Dishub Kota Cirebon, Jalan Terusan Pemuda, Kota Cirebon, Rabu (7/9/2022).

Ia mengatakan, pertimbangan lainnya yang menjadi acuan dalam penentuan penyesuaian tarif angkot juga memerhatikan pemeliharan hingga pengujian yang kini digratiskan.

Dari penghitungan tersebut, muncul angka Rp 6 ribu dan Rp 4 ribu untuk penyesuaian tarif angkot di Kota Cirebon sesuai yang diusulkan DPC Organda Kota Cirebon.

"Kami sudah mengkajinya sejak akhir pekan lalu, dan setelah dicocokkan dengan usulan Organda ternyata angkanya sama," ujar Andi Armawan.

Andi pun merinci besaran tarif angkot berdasarkan perhitungan BOK 2022 jika asumsi harga pertalite yang digunakan untuk bahan bakar angkot Rp 10 ribu perliter maka tarifnya Rp 6159 dan dibulatkan menjadi Rp 6 ribu.

Sementara Kanit Turjawali Satlantas Polres Cirebon Kota, Ipda Nuryoto, meminta penetapan tarif baru angkot di Kota Cirebon itu disosialisasikan kepada masyarakat luas.

Pihaknya juga berharap, para pengemudi angkot lebih bijak menentukan tarif kepada kalangan pelajar maupun mahasiswa di Kota Udang.

"Kami berharap, semua elemen turut menyosialisasikan tarif baru ini, sehingga situasi kamtibmas dinKota Cirebon tetap kondusif," kata Nuryoto. (*)

Sumber: Tribun Cirebon
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved