Breaking News:

Harga BBM Naik, Organda Kota Cirebon Sepakati Kenaikan Tarif Angkot, Segini Besarannya

DPC Organda Kota Cirebon menyepakati kenaikan tarif angkutan kota (angkot) pascaharga BBM bersubsidi naik pada akhir pekan lalu.

Penulis: Ahmad Imam Baehaqi | Editor: Machmud Mubarok
TribunCirebon.com/Machmud Mubarok
DPC Organda Kota Cirebon menyepakati kenaikan tarif angkutan kota (angkot) pascaharga BBM bersubsidi naik pada akhir pekan lalu. 

Laporan Wartawan Tribuncirebon.com, Ahmad Imam Baehaqi

TRIBUNCIREBON.COM, CIREBON - DPC Organda Kota Cirebon menyepakati kenaikan tarif angkutan kota (angkot) pascaharga BBM bersubsidi naik pada akhir pekan lalu.

Wakil Ketua DPC Organda Kota Cirebon, Yuyun Wahyu Kurnia, mengatakan, hal tersebut telah disepakati bersama para sopir dan pengusaha angkot di Kota Udang.

Bahkan, menurut dia, tarif baru angkot di Kota Cirebon tersebut diberlakukan sejak Senin (5/9/2022) kemarin dan telah menyampaikannya ke Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Cirebon.

"Hasil rapat tentang penyesuaian tarif ini sudah disampaikan ke Dishub sebagai pertimbangan dalam penetapan besaran tarif angkot di Kota Cirebon," kata Yuyun Wahyu Kurnia melalui sambungan teleponnya, Selasa (6/9/2022).

Baca juga: Tarif Bus AKAP Sugeng Rahayu Jurusan Cirebon - Tegal hingga Cirebon - Surabaya Naik Hingga 30 Persen

Ia mengatakan, DPC Organda Kota Cirebon mengusulkan besaran tarif angkot untuk kalangan umum Rp 6 ribu dari sebelumnya Rp 4 ribu.

Sementara untuk kalangan pelajar atau mahasiswa tarifnya diusulkan Rp 4 ribu dari sebelumnya Rp 3500. Seluruh tarif itu pun berlaku untuk jarak jauh maupun dekat.

Pihaknya memastikan, usulan tersebut berdasarkan kesepakatan bersama para sopir dan pengusaha angkot serta perkiraan kebutuhan operasional harian setiap armada yang beroperasi.

"Jadi, ada rumusannya sendiri dan tidak asal menetapkan penyesuaian tarif ini. Surat usulannya juga ditandatangani para ketua jalur angkot di Kota Cirebon," ujar Yuyun Wahyu Kurnia.

Yuyun menyampaikan, surat imbahan penyesuaian tarif juga telah di tempel di seluruh angkot di Kota Cirebon, tetapi sifatnya masih sebatas imbauan.

Pasalnya, penetapan tarif angkot bakal diputuskan oleh pemerintah daerah dengan mempertimbangkan kondisi lapangan dan masukan dari berbagai pihak termasuk Organda.

"Kami berharap, usulan ini disetujui dan diterapkan di Kota Cirebon. Kami juga memohon maklum dan pengertian dari para penumpang terkait penyesuaian tarif ini," kata Yuyun Wahyu Kurnia. (*)

Sumber: Tribun Cirebon
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved