Breaking News:

Pilpres 2024

Ridwan Kamil Tak Tersaingi Sandiaga Uno dan AHY di Bursa Capres, Ini Hasil Survei SMRC Selengkapnya

Meski berada di bawah tiga nama Capres yang lebih populer, Ridwan Kamil dipastikan tidak tersaingi oleh Sandiaga Uno, AHY, dan Erick Thohir.

Editor: dedy herdiana
Istimewa
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil jajal fashion show di kawasan Taman Kendal, Dukuh Atas, Jakarta Pusat, Rabu (20/7/2022). 

Laporan Wartawan TribunJabar.id, Muhamad Syarif Abdussalam

TRIBUNCIREBON.COM, BANDUNG - Meski berada di bawah tiga nama Capres yang lebih populer, Ridwan Kamil dipastikan tidak tersaingi oleh Sandiaga Uno, AHY, dan Erick Thohir.

Hal itu terungkap berdasarkan hasil survei Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC).

Disebutkan SMRC kembali merilis hasil survei burca calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres) dalam ajang Pilpres 2024.

Baca juga: RGBI Siap Kawal Rekomendasi Ganjar Pranowo Sebagai Capres hingga Rakernas PAN

Nama Ridwan Kamil terus merangsek di antara tiga nama Capres lain yakni Ganjar Pranowo, Prabowo Subianto, dan Anies Baswedan.

Direktur Riset SMRC, Deni Irvani, dalam keterangan hasil survei mengatakan pemilihan presiden hanya akan diikuti oleh beberapa calon.

Namun sejauh ini belum ada calon presiden yang definitif, karena pendaftaran calon presiden untuk pilpres 2024 baru akan dilakukan Oktober-November 2023.

Dari hasil pengamatan dan sigi SMRC, ada sejumlah calon yang mengalami kenaikan dan penurunan dukungan responden.

Dalam 1,5 tahun terakhir, dari Maret 2021 ke Agustus 2022, dukungan kepada Ganjar dalam simulasi semi terbuka naik dari 8,8 persen menjadi 25,2%. Anies naik dari 11,2% menjadi 14,4%.

Ridwan Kamil juga cenderung menguat dari 4,8% menjadi 6%. Prabowo cenderung menurun dari 20% menjadi 16,7%. Sementara tokoh-tokoh lain tidak mengalami kemajuan berarti,” katanya dikutip Senin (22/8/2022).

Sigi SMRC menunjukan dalam format pertanyaan semi terbuka 43 nama, Ganjar mendapat dukungan terbanyak 25,5%, disusul Prabowo 16,7%, Anies Baswedan 14,4%, Ridwan Kamil 6%, AHY 3,8%, dan nama-nama lain di bawah 3%. Yang belum tahu 15,1%.

Ridwan Kamil yang kerap berdekatan hasil surveinya dengan Sandiaga Uno, kini dinilai lebih unggul.  

“Dukungan kepada Ridwan Kamil meningkat. Sandi melemah,” ujarnya.

Penguatan dukungan pada Ridwan Kamil juga tercermin dalam simulasi pilihan tertutup terhadap 11 nama dimana, Ganjar mendapat dukungan terbanyak 27,1%, disusul Prabowo 19%, Anies Baswedan 15,6%, Ridwan Kamil 8,5%, AHY 3,5%, dan nama-nama lain di bawah 3%. Yang belum tahu 15,3%. 

Halaman
12
Sumber: Tribun Jabar
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved