Breaking News:

Sosok

SOSOK Letjen TNI Maruli Simanjuntak, Panglima Kostrad yang Bertemu KSAD Jepang, Bicara Skill Kostrad

Sosok Letjen TNI Maruli SImanjuntak, Panglima Komando Cadangan Strategis Angkatan Darat (Pangkostrad), yang bertemu KSAD Jepang

Editor: Machmud Mubarok
Twitter/Kostrad @Cakra_Kostrad
Panglima Komando Cadangan Strategis Angkatan Darat (Pangkostrad) Letnan Jenderal Maruli Simanjuntak menerima kunjungan Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jepang Jenderal Yoshida Yoshihide di Markas Kostrad (Makostrad), Jakarta, Senin (8/8/2022). 

TRIBUNCIREBON.COM, JAKARTA - Sosok Letjen TNI Maruli SImanjuntak, Panglima Komando Cadangan Strategis Angkatan Darat ( Pangkostrad), yang bertemu Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jepang Jenderal Yoshida Yoshihide di Markas Kostrad (Makostrad), Jakarta, Senin (8/8/2022).

Dalam pertemuan ini, Maruli memaparkan mengenai keistimewaan Kostrad. Kepada Yoshida, Maruli mengatakan bahwa Kostrad merupakan satuan terbesar di Indonesia.

“Kostrad adalah satuan terbesar di Indonesia, yang memiliki 3 Divisi Infanteri, Divisi Infanteri 1 berada di Cilodong, Divisi Infanteri 2 berada di Singosari, dan Divisi Infanteri 3 berada di Pakatto,” kata Maruli dalam keterangan tertulis Penerangan Kostrad, Selasa (9/8/2022).

Baca juga: SOSOK Letjen TNI Maruli Simanjuntak, Pangkostrad yang Pimpin Pemakaman Prada Beryl yang Ditembak KKB

Maruli mengatakan, Kostrad tidak hanya melakukan tugas pokok, melainkan turut serta dalam Operasi Militer Selain Perang (OMSP).

Tugas OMSP tersebut seperti yang dilakukan Kostrad di beberapa wilayah Indonesia yang mengalami krisis air bersih, khususnya di wilayah pedalaman.

Dalam situasi ini, Kostrad memberikan solusi dengan membuat pompa hidrolik di area-area tersebut untuk membantu masyarakat mendapatkan akses air bersih.

Adapun metode yang digunakan untuk menyalurkan air bersih yaitu melalui penyaluran air gravitasi, menggunakan pompa hidrolik ran tanpa menggunakan listrik dan memanfaatkan teknologi sumur bor.

Selain itu, Maruli juga membicarakan mengenai latihan bersama Super Garuda Shiled 2022 yang diikuti oleh 14 negara, termasuk Jepang.

Menurut Maruli, latihan bersama ini dirancang untuk memperkuat interoperabilitas, kemampuan, rasa saling percaya, dan kerja sama yang telah dibangun dari pengalaman bersama selama beberapa dekade.

“Selain itu, Super Garuda Shield menjadi sinyal bagi negara-negara lainnya bahwa Indonesia secara terbuka membuka peluang kerja sama dengan negara manapun,” tegas Maruli.

Sementara, Yoshida merasa terhormat dan bangga bisa berkunjung ke Markas Kostrad dan disambut dengan hangat oleh Maruli beserta staf. Kegiatan kunjungan ditutup dengan pertukaran cenderamata.

Berikut ini profil Letjen TNI Maruli Simanjuntak:

Dilansir dari laman resmi Kodam Udayana, Letjen Jenderal (Mayjen) TNI Maruli Simanjuntak lahir di Bandung, Jawa Barat pada 27 Februari 1970.

Maruli merupakan alumni Akademi Militer (Akmil) 1992 yang berpengalaman di Infanteri Kopassus dan Detasemen Tempur Cakra.

Halaman
12
Sumber: Tribun Cirebon
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved