Breaking News:

Ular

Ular Kobra 1 Meter Ditemukan di Rumah Warga Mundu Cirebon, Diduga Bersarang di Kamar

Seekor ular kobra ditemukan di rumah warga Desa Penpen, Kecamatan Mundu, Kabupaten Cirebon, Kamis (4/8/2022).

Tribuncirebon.com/Ahmad Imam Baehaqi
Petugas damkar saat mengevakuasi ular kobra dari rumah Rohati di Desa Penpen, Kecamatan Mundu, Kabupaten Cirebon, Kamis (4/8/2022). 

Laporan Wartawan Tribuncirebon.com, Ahmad Imam Baehaqi

TRIBUNCIREBON.COM, CIREBON - Seekor ular kobra ditemukan di rumah warga Desa Penpen, Kecamatan Mundu, Kabupaten Cirebon, Kamis (4/8/2022).

Ular sepanjang sekitar satu meter itu dievakuasi oleh petugas Pos Jaga Damkar Kecamatan Pangenan, Kabupaten Cirebon.

Proses evakuasi reptil tersebut tampak berlangsung dramatis, karena petugas harus membongkar lantai rumah milik Rohati (47) itu.

Saat dievakuasi, hewan melata itu tampak masuk ke lubang kecil yang berada di lantai kamar sehingga harus dibongkar untuk memudahkan petugas.

Baca juga: Ular King Kobra Melintas Bikin Emak-emak di Kuningan Menjerit, Pawang Ular Turun Tangan

Selanjutnya petugas terlihat menggunakan tongkat yang diujungnya terdapat capit khusus untuk menjepit kepala ular kobra tersebut.

Petugas damkar saat mengevakuasi ular kobra dari rumah Rohati di Desa Penpen, Kecamatan Mundu, Kabupaten Cirebon, Kamis (4/8/2022).
Petugas damkar saat mengevakuasi ular kobra dari rumah Rohati di Desa Penpen, Kecamatan Mundu, Kabupaten Cirebon, Kamis (4/8/2022). (Tribuncirebon.com/Ahmad Imam Baehaqi)

Petugas pun langsung membawa ular kobra itu keluar rumah Rohati kemudian memasukkannya ke dalam karung dan diikat agar tidak kabur.

"Saya kaget melihat ada ular kobra masuk ke rumah, sehingga mencoba mengusirnya tapi lari ke kamar," kata Rohati saat ditemui usai proses evakuasi tersebut.

Ia mengatakan, ular itu masuk ke sebuah lubang yang berada di salah satu kamar rumahnya. Saat itu, ia juga melihat ular kobra lainnya masuk ke lubang tersebut.

Baca juga: Pawang Ular di Kuningan Berhasil Tangkap Ular King Kobra, Warga Beri Hadiah Ayam Tangkas

Karenanya, pihaknya langsung melaporkannya ke Perangkat Desa Penpen untuk diterruskann ke Pemerintah Kecamatan Mundu.

"Kemungkinan lubang di kamar itu jadi sarangnya, dan ular yang dievakuasi ini baru satu ekor. Saya khawatirnya masih ada lagi," ujar Rohati.

Usai evakuasi ular kobra itu, para petugas damkar juga sempat menyisir sekitar rumah Rohat untuk memastikan apakah masih ada lagi ular lainnya.

Petugas terlihat memeriksa tumpukan kayu dan barang bekas di sekeliling rumah Rohati yang diduga menjadi tempat ular untuk bersembunyi.

Namun, dalam penyisirian tersebut petugas tidak menemukan apapun, sehingga hanya mengevakuasi seekor ular kobra sepanjang kira-kira satu meter.

Sementara Camat Mundu, Anwar Sadat, menyampaikan, jajaranya langsung berkoordinasi dengan setelah menerima laporan dari Perangkat Desa Penpen.

Pihaknya meminta bantuan Pos Jaga Damkar Kecamatan Pangenan untuk mengevakuasi ular kobra yang ditemukan di rumah Rohati.

"Alhamdulillah, ular kobranya sudah dievakuasi, dan mengenai dugaan ada ular lain tim damkar sudah memastikan tidak ada setelah disisir rumahnya," kata Anwar Sadat. 

Sumber: Tribun Cirebon
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved