Breaking News:

Wisata Cirebon

Belum Afdol Wisata ke Cirebon kalau Belum Mencicipi Kuliner Khas Nasi Jamblang, Ini Rekomendasinya

Salah satu referensi terbaru bagi wisatawan untuk menikmati nasi jamblang ialah Pawon Sego Jamblang Hj Asnani di Jalan Ir H Djuanda, Kabupaten Cirebon

Penulis: Ahmad Imam Baehaqi | Editor: Mumu Mujahidin
Instagram/@makanmain
Ilustrasi: nasi jamblang ibu nur cirebon 

Laporan Wartawan Tribuncirebon.com, Ahmad Imam Baehaqi

TRIBUNCIREBON.COM, CIREBON - Selain terkenal dengan objek wisatanya, Cirebon juga terkenal akan kuliner khasnya.

Salah satu kuliner khas Cirebon selain empal gentong adalah nasi jamblang.

Berkunjung ke Cirebon terasa kurang lengkap jika tidak menikmati kuliner khasnya, misalnya nasi Jamblang.

Salah satu referensi terbaru bagi wisatawan untuk menikmati nasi jamblang ialah Pawon Sego Jamblang Hj Asnani di Jalan Ir H Djuanda, Kecamatan Tengahtani, Kabupaten Cirebon.

Warung makan tersebut baru saja dibuka pada 4 Mei 2022.

Tempatnya pun tampak nyaman dan pilihan menu khas nasi Jamblangnya cukup beragam.

Beberapa pilihan menu lauk pauk di Pawon Sego Jamblang Hj Asnani, Jalan Ir H Djuanda, Kecamatan Tengahtani, Kabupaten Cirebon, Sabtu (14/5/2022).
Beberapa pilihan menu lauk pauk di Pawon Sego Jamblang Hj Asnani, Jalan Ir H Djuanda, Kecamatan Tengahtani, Kabupaten Cirebon, Sabtu (14/5/2022). (TribunCirebon.com/Ahmad Imam Baehaqi)

Deretan kursi dan meja yang disediakan untuk tempat makan pengunjung juga terlihat rapih serta dapat menampung hingga 50 - 60 pengunjung.

Nasi Jamblang sendiri merupakan kuliner khas Cirebon yang disajikan di atas daun jati. Pengunjung dapat memilih sendiri lauk pauk yang akan di santapnya.

Terdapat pilihan hingga lebih dari 20-an lauk yang disajikan berjejer dalam wadah khusus di meja sepanjang kira-kira tiga meter.

Di antaranya, sayur tahu, telur dadar, daging, hati, ayam, otak, cumi-cumi, aneka pepes, dan lainnya yang dibanderol dari mulai harga Rp 2 ribu - Rp 18 ribu peritemnya.

Pemilik Pawon Sego Jamblang Hj Asnani, Mahrus Ali (51), mengatakan, sengaja memilih lokasi di Jalan Ir H Djuanda yang telah dikenal sebagai kawasan kuliner khas Cirebon, yakni empal gentong.

Pasalnya, pihaknya ingin melengkapi kawasan tersebut sebagai one stop destination kuliner khas Kota Udang dengan menghadirkan nasi Jamblang.

"Selama ini, tempat makan nasi Jamblang kebanyakan di daerah Kota Cirebon, sehingga kami mencoba hadir di Kabupaten Cirebon," kata Mahrus Ali saat ditemui di Pawon Sego Jamblang Hj Asnani, Sabtu (14/5/2022).

Mahrus merasa lokasi tersebut sangat strategis karena telah dikenal luas sebagai sentra kuliner, sehingga diharapkan berdampak positif bagi Pawon Sego Jamblang Hj Asnani.

Ia mengatakan, secara umum pilihan menu yang disajikan sama seperti nasi Jamblang pada umumnya. Di antaranya, cumi-cumi, sayur tahu, dan lainnya.

Namun, menurut dia, penyajian makanannya berbeda, karena ditempatkan dalam panci yang dilengkapi penutup sehingga kebersihannya lebih terjamin.

Selain itu, pihaknya juga menyajikan menu spesial yang berbeda-beda setiap harinya sebagai pelengkapnya, di antaranya, ikan tongkol rica-rica dan ikan suwir masak Aceh.

"Kami menambah beberapa menu spesial, namun tidak meninggalkan kekhasan nasi Jamblangnya yang disajikan di atas daun jati dan aneka lauknya," ujar Mahrus Ali. (*)

Sumber: Tribun Cirebon
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved