Breaking News:

Saat Gakkumdu Dibentuk, Polres Cirebon Kota Siapkan Pengamanan Melekat di KPU dan Bawaslu

Kapolres Cirebon Kota, AKBP M Fahri Siregar, mengatakan, pengamanan melekat itu akan diterapkan setelah Sentra Gakkumdu dibentuk.

Penulis: Ahmad Imam Baehaqi | Editor: Machmud Mubarok
TribunCirebon.com/Ahmad Imam Baehaqi
Kapolres Cirebon Kota, AKBP M Fahri Siregar. 

Laporan Wartawan Tribuncirebon.com, Ahmad Imam Baehaqi

TRIBUNCIREBON.COM, CIREBON - Jajaran Polres Cirebon Kota siap melaksanakan pengamanan melekat di KPU dan Bawaslu Kota Cirebon.

Kapolres Cirebon Kota, AKBP M Fahri Siregar, mengatakan, pengamanan melekat itu akan diterapkan setelah Sentra Gakkumdu dibentuk.

Sebab, menurut dia, salah satu tugas unsur kepolisian dalam Sentra Gakkumdu ialah melaksanakan pengamanan melekat di kantor KPU dan Bawaslu.

"Berdasarkan jadwalnya, Sentra Gakkumdu baru akan dibentuk pada 9 April 2023," ujar M Fahri Siregar saat ditemui di Mapolres Cirebon Kota, Jalan Veteran, Kota Cirebon, Kamis (27/7/2022).

Baca juga: Jabat Kapolres Cirebon Kota, AKBP M Fahri Siregar Ingin Dekat dan Bersahabat

Ia mengatakan, potensi kerawanan dan kecurangan tetap ada di setiap tahapan pemilu meski Sentra Gakkumdu baru dibentuk pada tahun depan.

Karenanya, pihaknya pun terus berkoordinasi dengan Bawaslu Kota Cirebon untuk pengawasan ekstra setiap tahapan Pemilu 2024 di Kota Udang.

Terlebih, proses pendaftaran dan verifikasi partai politik (parpol) peserta pemilu akan dimulai Jumat (29/7/2022) besok hingga Desember 2022.

"Kami sudah membahasnya, jika ada laporan maka akan ditampung dulu oleh Bawaslu sebagai leading sector pengawasan pemilu," kata M Fahri Siregar.

Nantinya, laporan tersebut bakal diproses saat Sentra Gakkumdu telah dibentuk, dan Polres Cirebon Kota pun turut ambil bagian dalam penanganannya.

Fahri menyampaikan, pengamanan yang bersifat insidental dari mulai pendaftaran hingga verifikasi parpol peserta Pemilu 2024 juga telah disiapkan.

"Untuk pengamanan kegiatan selama tahapan pendaftaran dan verifikasi, kami akan menempatkan personel. Saat gakkumdu terbentuk baru pengamannya melekat," ujar M Fahri Siregar.

Sumber: Tribun Cirebon
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved