Breaking News:

Gempa Bumi

Gempa Bumi M 4,4 Guncang Ciamis Pada Sabtu Malam

Gempa cukup kuat menguncang Ciamis Sabtu (16/7) sekitar pukul 22.05 WIB sempat membuat kaget sejumlah warga

Tribunnews
gempa bumi 

TRIBUNCIREBON.COM,CIAMIS – Gempa cukup kuat menguncang Ciamis Sabtu (16/7) sekitar pukul 22.05 WIB sempat membuat kaget sejumlah warga.

“Tadi lagi duduk-duduk diteras depan rumah, tiba-tiba terasa oyak. Rumah agak terguncang,” ujar Rifa, warga Dusun Desa Rt 12 RW 04 Desa Nasol Cikoneng Ciamis kepada Tribun Sabtu (16/7).

Istrinya yang sedang berada di dapur menurut Rifa, langsung lari ke luar rumah karena kaget.

Getaran gempa juga dirasakan oleh warga bernama Welung yang sedang mengendarai sepeda motor. 

Data dari BMKG, gempa berkekuatan 4.4 M berpusat di 8.27 LS-107.87 BT di 97 km barat daya Pangandaran kedalaman 16 km Sabtu (16/7) pukul 21.41 (andri m dani)

Rincian Skala Intensitas Terjadinya Gempa Bumi, Dikutip dari BMKG:

- Skala MMI I-II: Tidak dirasakan atau dirasakan hanya oleh beberapa orang tetapi terekam oleh alat.

- Skala MMI III-V: Dirasakan oleh orang banyak tetapi tidak menimbulkan kerusakan. Benda-benda ringan yang digantung bergoyang dan jendela kaca bergetar.

- Skala MMI VI: Bagian non struktur bangunan mengalami kerusakan ringan, seperti retak rambut pada dinding, genteng bergeser ke bawah dan sebagian berjatuhan.

- Skala MMI VII-VIII: Banyak Retakan terjadi pada dinding bangunan sederhana, sebagian roboh, kaca pecah. Sebagian plester dinding lepas. Hampir sebagian besar genteng bergeser ke bawah atau jatuh. Struktur bangunan mengalami kerusakan ringan sampai sedang.

- Skala MMI IX-XII: Sebagian besar dinding bangunan permanen roboh. Struktur bangunan mengalami kerusakan berat. Rel kereta api melengkung.

Tips Antisipasi yang Dapat Dilakukan saat Gempa Menurut BMKG:

1. Jika Anda berada di dalam bangunan

Lindungi badan dan kepala Anda dari reruntuhan bangunan dengan bersembunyi di bawah meja dan lain-lain, dan cari tempat yang paling aman dari reruntuhan dan goncangan;

Halaman
12
Sumber: Tribun Jabar
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved