Breaking News:

Pilpres 2024

Sekjen PKS Beri Sinyal Sepakat dengan NasDem Usung Anies Baswedan Jadi Capres 2024

Awalnya, Sekjen PKS memberikan selamat atas mengerucutnya nama capres yang telah diusung oleh Partai NasDem, yang di dalamnya ada nama Anies Baswedan

Editor: dedy herdiana
Tribunnews/Jeprima
Ketua Umum Partai NasDem, Surya Paloh memberikan pidato politik pada penutupan Rakernas Partai NasDem di Jakarta Convention Center (JCC), Senayan, Jakarta Pusat, Jumat (17/6/2022). Pada kesempatan tersebut, Surya Paloh mengumumkan tiga bakal calon presiden yang akan diusung partainya di Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024. Tiga nama bakal capres yang diumumkan itu merupakan hasil usulan para kader NasDem di tingkat Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) yang telah melalui proses penggodokan di screening committee. 

TRIBUNCIREBON.COM, JAKARTA - Sekretaris Jenderal (Sekjen) Partai Keadilan Sejahtera ( PKS) Aboe Bakar Alhabsyi memberikan sinyal internal partai sepakat dengan Partai NasDem untuk ikut mengusung Anies Baswedan jadi calon presiden pada Pilpres 2024.

Awalnya, Sekjen PKS memberikan selamat atas mengerucutnya nama capres yang telah diusung oleh Partai NasDem, yang di dalamnya ada nama Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan.

"Selamat karena NasDem sepertinya sudah mengerucutkan nama Capres pada tiga nama, yaitu Ganjar Pranowo, Anies Baswedan dan Andika Perkasa. Tentu ini kabar baik, nama-nama para Capres sudah mulai muncul sehingga proses penjaringan para capres oleh parpol akan lebih matang," kata Aboe saat dikonfirmasi Tribunnews.com, Sabtu (18/6/2022).

Baca juga: Dijadokan Partai NasDem Jadi Capres 2024, Anies Baswedan Tersenyum dan Kasih Jempol

Aboe kemudian memberikan sinyal bahwa internal partai di daerah juga sepakat dengan salah satu figur yang diusung oleh Partai NasDem.

Adapun nama itu tak lain merupakan Anies Baswedan.

"Bisa saja figur yang ada di NasDem kemarin akan juga muncul di PKS. Indikasinya, pas kemarin Milad misalkan, saat saya sebut nama Anies, suara ribuan yang hadir langsung bergemuruh, bisa jadi ini salah satu pertanda. Karena di internal kami sendiri juga masih berproses," jelas Aboe.

Namun begitu, kata Aboe, pihaknya bakal segera menggelar Rapat Pimpinan Nasional (Rapimnas) pada Senin, 20 Juni 2022 mendatang.

 
Salah satu pembahasannya mendengarkan masukan anggota Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) se-Indonesia terkait pengusungan capres 2024.

"Besok Senin direncanakan akan ada Rapimnas, salah satunya adalah mendengarkan masukan dari DPW se-Indonesia mengenai capres yang potensial diusung PKS," pungkasnya.

Diberitakan sebelumnya, Partai NasDem telah resmi mengusung tiga nama calon presiden (capres) pada kontestasi pemilihan presiden 2024 mendatang. Adapun nama Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan masih menempati urutan teratas.

Nama Anies Baswedan paling banyak dipilih oleh anggota DPW Partai NasDem.

Kemudian, disusul oleh Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, Menteri BUMN Erick Thohir, dan Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa.

"Saya akan bacakan penetapan rekomendasi nama-nama bakal calon Presiden Republik Indonesia, yang pertama Anies Baswedan, Muhammad Andika Perkasa, dan ketiga Ganjar Pranowo," kata Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh saat mengumumkan tiga nama figur di agenda penutupan Rakernas NasDem, di Jakarta Convention Center (JCC), Senayan, Jakarta, Jumat (17/6/2022).

Paloh mengatakan bahwa ketiga nama yang diusung itu merupakan hasil rapat pleno atas usulan dari Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) yang disampaikan dalam rapat kerja nasional (Rakernas).

Surya Paloh juga menegaskan ketiga nama yang diusung tersebut nantinya akan ditentukan hanya menjadi satu untuk calon presiden.

Halaman
123
Sumber: Tribunnews.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved