Breaking News:

Ridwan Kamil Ajukan Cuti 11 Hari, Mau ke Swiss Lagi Mencari Eril, Kemenlu: Pencarian Ada Progres

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil kembali mengajukan cuti untuk terbang ke Swiss untuk melanjutkan pencarian putranya, Eril, yang hilang di Sungai Aare

Editor: Machmud Mubarok
Istimewa/KBRI Swiss
Gubernur Jabar Ridwan Kamil ikut memonitor pencarian Emmeril Kahn Mumtadz di Sungai Aare Bern, Swiss. 

TRIBUNCIREBON.COM - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil kembali mengajukan cuti untuk terbang ke Swiss

Seperti diketahui, anak Ridwan Kamil, Emmeril Kahn Mumtadz ( Eril) tenggelam di Sungai Bern Swiss, pada 26 Mei 2022, dan hingga kini belum ditemukan.

Emil, sapaan Ridwan Kamil, mengajukan cuti selama 11 hari. Surat permohonan cuti sudah diterima pihak Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri). 

"Betul. Kemendagri sudah menerima surat permohonan izin cuti dari Pemerintah Provinsi Jawa Barat. Pak Gubernur mengajukan cuti mulai tanggal 9 sampai dengan 19 Juni 2022," ujar Kapuspen Kemendagri Benni Irwan saat dikonfirmasi, Kamis (9/6/2022), dikutip dari Sonora.

Baca juga: AHY dan Anies Baswedan Datang ke Gedung Pakuan, Putra SBY Bisikkan Ini ke Ridwan Kamil

Baca juga: Emmeril Kahn Ternyata Punya Lisensi Menyelam dan Mahir Berenang, Ridwan Kamil Ungkap Penyebabnya

Benni mengatakan, alasan Emil mengajukan cuti adalah sedang berduka. "Alasan kedukaan anggota keluarga," kata Benni.

Sebelumnya diberitakan, anak sulung Ridwan Kamil, Emmeril Khan Mumtadz hanyut di Sungai Aare, Bern, Swiss pada Kamis (26/5/2022). Eril hanyut terseret arus saat mencoba keluar dari sungai tersebut. Keluarga Ridwan Kamil menyatakan bahwa Eril telah meninggal dunia. Namun, pencarian masih akan terus dilakukan hingga Eril ditemukan.

Ada Kemajuan

Kementerian Luar Negeri RI ( Kemenlu RI) mengungkapkan, terdapat kemajuan dalam pencarian anak Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, Emmeril Mumtadz Kahn atau Eril. Untuk diketahui, Eril dilaporkan hilang saat berenang di Sungai Aare, Kota Bern, Swiss, pada Kamis (26/5/2022).

"Terkait dengan progres penemuan Eril di Bern, dapat kami sampaikan memang ada progres," ujar Direktur Perlindungan WNI Kemenlu RI Judha Nugraha dalam press briefing yang diadakan Kemenlu RI, Kamis (9/6/2022).

Namun demikian, Judha belum memberikan informasi detail terkait kemajuan pencarian tersebut.  Ia mengatakan, pihak KBRI Bern masih menunggu konfirmasi dan informasi detail mengenai kemajuan pencarian Eril dari pihak kepolisian setempat.

"Dan jika telah mendapat informasi resmi, akan kami sampaikan khusus. Rencananya, dari KBRI Bern akan ada sesi press briefing khusus terkait hal ini," ucap Judha.

Berdasarkan perkembangan terakhir, hingga Selasa (7/6/2022), pencarian Eril telah mencakup sekitar 30 kilometer wilayah sungai Aare.

Pihak kepolisian Bern menilai peningkatan pengunjung yang terjadi di sepanjang Sungai Aare memasuki musim panas akan memberikan dampak positif bagi upaya pencarian.

"Saat cuaca baik, jumlah pengunjung di Sungai Aare cenderung meningkat. Misalnya pada musim panas tahun 2021, jumlah pengunjung yang beraktivitas di Sungai Aare dapat mencapai 18.000 orang dalam satu hari," tulis KBRI Bern dalam keterangan tertulis mereka.

Adapun metode pencarian Eril setiap hari disesuaikan dengan kondisi Sungai Aare yang selalu berubah sesuai perkembangan cuaca. Perubahan metode ini juga selalu memperhatikan aspek keselamatan semua petugas yang terlibat pada misi pencarian.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Kemenlu Sebut Ada Kemajuan dalam Pencarian Eril", Klik untuk baca: https://nasional.kompas.com/read/2022/06/09/16022191/kemenlu-sebut-ada-kemajuan-dalam-pencarian-eril.
Penulis : Mutia Fauzia
Editor : Krisiandi

Sumber: Kompas.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved