Breaking News:

Pasukan Hanlan Ringkus 4 Teroris Bersenjata yang Masuk ke Ring 1 Lanud Husein Sastranegara

pasukan Pertahanan Pangkalan (Hanlan) yang sedang patroli di sekitar runway 11 berhasil melakukan penghadangan ke-empat orang bersenjata api itu

Editor: Mumu Mujahidin
Istimewa
gambaran latihan pertahanan pangkalan untuk meningkatkan kesigapan personel Lanud Husein Sastranegara dalam mengantisipasi segala bentuk ancaman sesuai prosedur yang ada, Lanud Husein Sastranegara, Rabu (18/5/2022). 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Nazmi Abdurahman. 

TRIBUNCIREBON.COM, BANDUNG - Empat orang pria bersenjata berusaha masuk ke dalam area ring 1 Lanud Husein Sastranegara, Rabu (18/5/2022). 

Beruntung, pasukan Pertahanan Pangkalan (Hanlan) yang sedang patroli di sekitar runway 11 berhasil melakukan penghadangan ke-empat orang bersenjata api itu.

Keempatnya berhasil diamankan meski sempat terjadi kontak tembak

Itulah sekilas gambaran latihan pertahanan pangkalan untuk meningkatkan kesigapan personel Lanud Husein Sastranegara dalam mengantisipasi segala bentuk ancaman sesuai prosedur yang ada. 

gambaran latihan pertahanan pangkalan untuk meningkatkan kesigapan personel Lanud Husein Sastranegara dalam mengantisipasi segala bentuk ancaman Lanud Husein Sastranegara, Rabu (18/5/2022).
gambaran latihan pertahanan pangkalan untuk meningkatkan kesigapan personel Lanud Husein Sastranegara dalam mengantisipasi segala bentuk ancaman Lanud Husein Sastranegara, Rabu (18/5/2022). (Istimewa)

Komandan Lanud Husein Sastranegara, Kolonel (Pnb) I Gusti Putu Setia Darma mengatakan, latihan pertahanan pangkalan (Hanlan), Tahun 2022, di Lapangan Apel Mako Lanud Husein Sastranegara itu bertujuan untuk memberikan bekal pengetahuan kepada personel Lanud Husein Sastranegara tentang manejemen operasional hanlan. 

"Ini juga termasuk teknik dan taktik pertahanan dalam mengamankan obyek vital yang ada di wilayahnya," ujar I Gusti Putu, dalam keterangannya, Rabu (18/5/2022). 

Menurutnya, latihan itu dilakukan agar anggotanya terbiasa menghadapi situasi memaksa.

Sehingga, apabila dihadapkan pada penugasan sesungguhnya tidak akan mengalami hambatan berarti. 

"Secara umum saya menilai bahwa latihan Hanlan ini berjalan sesuai dengan prosedur. Terbukti para peserta telah mampu melaksanakan fungsinya sesuai dengan tugas masing-masing," katanya. 

Oleh karena itu Putu berharap dari apa yang sudah dilatihkan akan dapat meningkatkan pengetahuan sekaligus wawasan.

Terutama sebagai langkah antisipasi ke depan terhadap segala kemungkinan yang terjadi. 

"Berdasarkan hasil latihan ini pula diharapkan prajurit di Lanud Husein Sastranegara akan lebih memiliki kemampuan dan kesiapsiagaan operasional bidang Hanlan yang memadai," ucapnya.

Baca juga: Densus 88 Kembali Gelar Aksi Senyap Tangkap Puluhan Teroris Dalam Sehari di 3 Daerah, Termasuk Jabar

Sumber: Tribun Jabar
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved