Breaking News:

Kemenhub Bakal Gelar Mudik Gratis 29-30 April 2022, Wajib PeduliLindungi dan Bawa Dokumen Ini

Presiden Jokowi yang mengizinkan masyarakat Indonesia untuk kembali melakukan tradisi mudik lebaran.

WartaKota/Muhammad Azzam
Ribuan pemudik yang mengendarai sepeda motor berhasil menjebol barikade penyekatan di Jalur Pantura Kedungwaringin, perbatasan Kabupaten Bekasi- Karawang, pada Minggu (9/05/2021) pukul 22.40 WIB. 

TRIBUNCIREBON.COM - Kementerian Perhubungan ( Kemenhub) berencana akan menggelar mudik gratis pada 29-30 April 2022 mendatang.

Hal ini sejalan dengan pernyataan Presiden Jokowi yang mengizinkan masyarakat Indonesia untuk kembali melakukan tradisi mudik lebaran.

Meski begitu, Jokowi menegaskan terdapat peraturan yang harus dipatuhi oleh para pemudik yakni dengan melakukan vaksinasi lengkap dan booster.

Pernyataan tersebut disampaikan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) secara resmi secara online melalui YouTube Sekretariat Presiden, Rabu (23/3/2022).

"Tahun ini, umat muslim dapat kembali ibadah salat tarawih berjemaah di masjid," ucap Jokowi.

Baca juga: Aturan Terbaru Mudik Naik Kereta, Penumpang Belum Booster Cukup Tunjukkan Surat Ini ke Petugas

"Bagi masyarakat yang ingin melakukan mudik lebaran, juga dipersilakan, juga diperbolehkan. Dengan syarat sudah mendapatkan dua kali vaksin dan satu kali booster, serta tetap menerapkan protokol kesehatan," ujarnya.

Sementara itu, Direktur Angkutan Jalan DitJen Perhubungan Darat Kemenhub, Suharto mengungkapkan terdapat sejumlah persyaratan yang harus dipenuhi oleh para pemudik yang ingin mengikuti program mudik gratis ini.

Syarat utama tersebut, tak lain harus melakukan vaksinasi lengkap serta booster ataupun hasil tes antigen.

Baca juga: Aturan Baru Mudik, Sudah Vaksin 2 Pemudik Masih Wajib Lampirkan Tes Andigen, Ini Kata Menkes

"Syarat mudik gratis telah vaksin booster, hasil test Antigen/PCR bagi yang telah vaksin 2, hasil test PCR bagi yang baru vaksin 1," ujarnya dikutip dari Kompas Senin (4/4/2022).

Lebih jauh, dirinya menegaskan bahwa bagi anak-anak yang berusia di bawah 6 tahun dikecualikan melakukan vaksinasi serta tidak perlu melakukan antigen.

Sedangkan, bagi pemudik yang memiliki kondisi kesehatan khusus wajib membawa hasil test PCR dan surat keterangan dokter dari rumah sakit pemerintah.

Selain itu, ada syarat dokumen yang diperlukan untuk mengikuti mudik gratis 2022 ini, yaitu memiliki dokumen kependudukan yang sah dan kartu keluarga bagi pemudik yang membawa anak.

Pemudik juga diwajibkan memiliki aplikasi PeduliLindungi atau membawa dokumen vaksin/antigen/PCR bagi yang tidak memiliki smartphone.

Baca juga: Senangnya Warga Indramayu, Usai Disuntik Booster agar Bisa Mudik Juga Dapat Minyak Goreng dan Sarung

Adapun gelaran mudik gratis ini akan mengangkut pemudik untuk tujuan Tegal, Semarang, Demak, Kudus, Boyolali, Solo, Klaten, Wonogiri, Wonosari, Yogyakarta, Magelang, Wonosobo, Kebumen, Purwokerto.

Halaman
12
Sumber: Kompas.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved