Breaking News:

Imbas Kerumunan di Mal Festival Citylink Saat Imlek, Pemkot Bandung Beri Sanksi Penutupan Sementara

Kepala Satpol-PP Kota Bandung, Rasdian Setiadi mengatakan, pihaknya akan memberikan sanksi bagi mal Festival Citylink

Tangkap layar video viral
Viral, video ribuan pengunjung tampak memenuhi Mall Festival Citylink saat perayaan Imlek 2022. 

Laporan wartawan TribunJabar.id, Cipta Permana.

TRIBUNCIREBON.COM, BANDUNG - Kepala Satpol-PP Kota Bandung, Rasdian Setiadi mengatakan, pihaknya akan memberikan sanksi bagi mal Festival Citylink berupa penghentian kegiatan operasional sementara selama tiga hari, mulai Jumat (4/2/2022) hingga Minggu (6/2/2022). 

Hal tersebut, sebagai buntut atas kegiatan yang dilakukan pihak mal Festival Citylink yang menggelar kegiatan yang menyebabkan kerumunan, pada perayaan Imlek beberapa hari lalu.

Baca juga: Viral Kerumunan Pengunjung di Mal Festival Citylink saat Nonton Barongsai, Pengelola Jelaskan Begini

Baca juga: Penjambret yang Dibakar Massa di Palembang Kini Meninggal, Tinggalkan Istri yang Hamil 9 Bulan

"Jadi berdasarkan hasil pemeriksaan yang kami lakukan atas kejadian tersebut, dan arahan dari pimpinan (Plt. Walikota Bandung), bahwa peristiwa itu merupakan pelanggaran berat. Sehingga sesuai dengan regulasi Perwal Kota Bandung, maka kami akan memberikan sanksi administrasi berupa denda dan penghentian kegiatan sementara selama tiga hari, terhitung mulai besok," ujarnya saat dihubungi melalui telepon, Kamis (3/2/2022).

Rasdian menuturkan, penutupan sementara aktivitas tersebut akan dilaksanakan besok, sekitar pukul 10.00 WIB. Dimana saat ini, pihaknya segera melayangkan surat pemberitahuan kepada pihak pengelola mal.

"Sekarang kita sudah buat suratnya dan akan segera disampaikan surat pemberitahuan ini kepada pihak manajemen mal tersebut, untuk dilakukan penutupan sementara mulai besok pagi. Kalau secara lisan, sudah disampaikan oleh Bu Elly (Kadisdagin), yang kebetulan saat ini juga masih berada di mal Festival Citylink, untuk menginformasikan hal tersebut," ucapnya.

Ia menegaskan, apa yang dilakukan Festival Citylink mal, selain melanggar Perwal Kota Bandung terkait protokol kesehatan, tetapi juga tidak adanya izin dari Satgas Penanganan Covid-19 tingkat Kota Bandung untuk menggelar kegiatan.

Baca juga: Masih Ingat Sama Nicky Astria? Dulu Dia Lady Rocker Nomor Satu Indonesia, Kini Ngurusi Mahasiswa

"Jadi adanya kejadian ini bukan berarti kita kecolongan, tapi memang tidak ada izin rekomendasi dari Satgas Covid-19 Kota Bandung, karena mereka tidak mengirimkan surat pemberitahuan. Kalau ada izin mah, minimal kita bisa bantu monitoring, sehingga kapasitasnya tidak melebihi dari ketentuan regulasi, tapi ini kan engga ada, maka yang terjadi seperti ini," ujar Rasdian.

Dengan adanya surat pemberitahuan penutupan sementara ini, Ia berharap, pihak manajemen segera menginformasikannya kepada para pemilik tenan yang berada di mal Festival Citylink.

Termasuk menjadi efek jera dan pembelajaran bagi pengelola mal lain untuk lebih mematuhi aturan yang telah ditetapkan pemerintah.

"Jadi mudah-mudahan ini menjadi pembelajaran bagi semua pihak untuk mematuhi peraturan yang telah ditetapkan," katanya

Hal senada disampaikan oleh Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disdagin) Kota Bandung, Elly Wasliah.

Menurutnya, pihaknya telah menyampaikan terkait rencana penghentian aktivitas sementara mal Festival Citylink selama tiga hari kepada pihak manajemen.

"Kami sudah menyampaikan terkait apa yang menjadi keputusan dari pimpinan berdasarkan hasil pemeriksaan Satpol-PP atas kejadian tersebut. Maka, kami meminta agar pihak manajemen segera membuat surat edaran kepada tenant-tenant di sini (mal Festival Citylink) yang mencapai ratusan, terkait penutupan sementara selama tiga hari, mulai besok," ujarnya saat dihubungi melalui telepon, Kamis (3/2/2022).

Sumber: Tribun Jabar
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved