Breaking News:

Masih Ingat Sama Nicky Astria? Dulu Dia Lady Rocker Nomor Satu Indonesia, Kini Ngurusi Mahasiswa

Menurut lady rocker asal Bandung ini, mahasiswa di STiMB tak cuma belajar soal musik saja, tapi dibekali juga dengan regulasi dalam industri musik

Editor: Machmud Mubarok
TribunCirebon.com/Nazmi Abdurahman
Nicky Astria saat diwawancarai di kampus STiMB, Jalan PPH Mustofa, Kota Bandung, Kamis (3/2/2022). 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Nazmi Abdurahman. 

TRIBUNCIREBON.COM, BANDUNG - Masih ingat dengan Nicky Astria? Di era tahun 80-an hingga 2000-an, siapa yang tidak kenal dengan nama Nicky Astria? Dulu Nicky Astria adalah perempuan penyanyi rock alias lady rocker nomor satu di Indonesia. 

Lagu-lagunya ngehits. Jarum Neraka, Uang, Bias Sinar, Jangan Ada Angkara, adalah beberapa lagu yang terkenal di blantika musik Indonesia.

Namanya memang meredup seiring perkembangan musik, dalam hal ini musik rock yang terus menurun. Namun beberapa tahun lalu, Nicky Astria sempat menggelar Konser tunggal di Jakarta yang dihadiri ribuan penggemarnya. Konser digelar setelah ia mengeluarkan single dan album terbaru, "Ku Akan Terus Berlari".

Setelah itu nama Nicky Nastiti, nama aslinya, kembali meredup. Terlebih di masa pandemi, panggung-panggung musik dilarang.

Baca juga: LINK Video Full Konser Voice of Baceprot di Trans Musicales Rennes Prancis, Penonton Heboh

Baca juga: BTS Bakal Konser di JIS Dikaitkan Langkah Anies Cari Dukungan di Pilpres, Ahmad Riza Tanggapi Begini

Tak tampil di panggung musik, bukan berarti  Nicky Astria tak beraktivitas. Rupanya waktu senggang itu dimanfaatkan Nicky Astria untuk mengurus mahasiswa.

Ya, Nicky Astria adalah pendiri Sekolah Tinggi Musik Bandung ( STiMB) bersama kakaknya, Bucky Wikagoe.

  Nicky Astria, pendiri STiMB mengatakan, saat ini banyak bermunculan berbagai platform digital yang dapat dijadikan ruang ekspresi menghasilkan keuntungan ekonomi bagi pemusik. 

Menurut lady rocker asal Bandung ini, mahasiswa di STiMB tak cuma belajar soal musik saja, tapi dibekali juga dengan regulasi dalam industri musik, khususnya yang terkait dengan kekayaan intelektual. 

"Sekarangkan beda sama zaman kita dulu yah, makanya kami tidak ingin lulusan STiMB keteteran menghadapi industri musik. Di era revolusi industri 4.0, kami siapkan lulusan STiMB agar mampu menguasai teknologi dan digital market," ujar Nicky Astria, saat ditemui di Kampus STiMB, Jalan PPH Mustofa, Kota Bandung, Kamis (3/2/2022). 

Pihaknya juga saat ini sudah mengadopsi sistem pembelajaran elektronik agar seluruh lulusan mampu beradaptasi dengan pesatnya kemajuan teknologi. 

Bermusik itu, kata dia, tidak cukup mengandalkan bakat untuk bisa sukses. Di era Revolusi Industri saat ini, kata dia, pemusik membutuhkan proses pembelajaran akademis juga. 

"Kalau otodidak, akan melalui proses panjang. Tapi kalau belajar secara akademis, mereka akan dibekali berbagai kemampuan untuk menghadapi era 4.0 ini," katanya. 

STiMB sendiri sudah berdiri sejak 2001 dan melahirkan banyak pemusik yang kini malang melintang di industri hiburan, salah satunya Cakra Khan. 

"Ya, dia (Cakra Khan) lulusan STiMB dan dia mampu bersaing karena memang punya karakter," ucapnya.

Sumber: Tribun Jabar
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved