Breaking News:

Presiden Joko Widodo Perintahkan Menteri PPN/Kepala Bappenas Beri Nama Ibu Kota Baru: Nusantara

Kabar terbaru tentang ibu kota baru Indonesia yang akan berlokasi di Kalimantan Timur  diungjkapkan Menteri PPN/Kepala Bappenas

Editor: dedy herdiana
Sekretariat Presiden
Presiden Joko Widodo saat memberikan sambutan pada Puncak Peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-93, 28 Oktober 2021 

TRIBUNCIREBON.COM, JAKARTA - Kabar terbaru tentang ibu kota baru Indonesia yang akan berlokasi di Kalimantan Timur  diungjkapkan Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Bappenas Suharso Monoarfa.

Suharso Monoarfa mengungkapkan, Ibu Kota Baru di Kalimantan Timur akan diberi nama Nusantara.

Hal ini diungkapkan Suharso dalam rapat Panitia Khusus Rancangan Undang-Undang Ibu Kota Negara (RUU IKN) dengan pemerintah di Kompleks Parlemen, Jakarta, Senin (17/1/2022).

"Ini saya baru mendapatkan konfirmasi dan perintah langsung dari Bapak Presiden ( Presiden Joko Widodo) yaitu pada hari Jumat. Jadi sekarang hari Senin, hari Jumat lalu, dan beliau mengatakan ibu kota negara ini Nusantara," kata Suharso, Senin.

Suharso menuturkan, nama ibu kota tersebut awalnya ingin dimasukkan ke dalam RUU IKN, tetapi ditahan sebelum akhirnya diberikan konfirmasi oleh Presiden Joko Widodo.

Lebih lanjut, Suharso mengatakan, nama Nusantara dipilih Jokowi karena kata tersebut sudah dikenal sejak lama dan ikonik di dunia internasional.

"Alasannya adalah Nusantara sudah dikenal sejak dulu, dan ikonik di internasional, mudah dan menggambarkan kenusantaraan kita semua, Republik Indonesia," kata Suharso.

Sebelumnya, draf RUU IKN belum mencantumkan nama ibu kota baru sehingga hanya disebut sebagai "IKN [...]" di dalam draf RUU tersebut.

Bakal jadi smart city

Regulasi ibu kota baru ditargetkan selesai pada bulan ini.

Pemerintah juga mulai memetakan sejumlah kementerian dan lembaga yang akan pertama kali berkantor di wilayah yang masuk dalam Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur itu.

Presiden Joko Widodo mengatakan, pembangunan IKN bukan hanya sekedar memindahkan perkantoran.

Menurut dia, IKN dibangun sebagai kota baru yang kompetitif di tingkat global.

"Ibu kota baru ini bukan semata-mata memindahkan fisik kantor-kantor pemerintahan. Tujuan utama adalah membangun kota baru yang smart," ujar Jokowi saat memberikan sambutan pada Dies Natalis ke-67 Universitas Katolik Parahyangan (Unpar), yang disiarkan YouTube Sekretariat Presiden, Senin (17/1/2022).

Halaman
12
Sumber: Kompas.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved