Breaking News:

Antisipasi Penyebaran Omicron, Pemkot Cirebon Minta Rumah Sakit Siapkan Ruang Perawatan Khusus

Pemkot Cirebon tampaknya telah menyiapkan sejumlah upaya untuk mengantisipasi penyebaran Covid-19 varian Omicron

Penulis: Ahmad Imam Baehaqi | Editor: dedy herdiana
TribunCirebon.com/Ahmad Imam Baehaqi
Sekda Kota Cirebon, Agus Mulyadi. 

Laporan Wartawan Tribuncirebon.com, Ahmad Imam Baehaqi

TRIBUNCIREBON.COM, CIREBON - Pemkot Cirebon tampaknya telah menyiapkan sejumlah upaya untuk mengantisipasi penyebaran Covid-19 varian Omicron.

Sekda Kota Cirebon, Agus Mulyadi, mengatakan, Pemkot Cirebon telah meminta rumah sakit untuk menyiapkan ruang perawatan khusus Omicron.

Agar rumah sakit telah siap saat ditemukan pasien terkonfirmasi positif Covid-19 varian Omicron sehingga tidak menyebar luas.

"Kalau ada pasien bisa segera ditangani, meski sebenarnya kami tidak menginginkan terjadi hal itu," ujar Agus Mulyadi saat ditemui di Balai Kota Cirebon, Jalan Siliwangi, Kota Cirebon, Sabtu (15/1/2022).

Baca juga: Evaluasi PTM 100 Persen, Pemkot Cirebon Agendakan Swab Test di Sekolah-Sekolah

Namun, pihaknya menegaskan upaya tersebut diperlukan untuk mengantisipasi terjadinya kemungkinan terburuk dalam penyebaran Covid-19 di Kota Cirebon.

Karenanya, menurut dia, persiapan sekecil apapun harus dilakukan agar jangan sampai kecolongan dan memicu ledakan kasus Covid-19.

"Kami juga berharap para tenaga kesehatan (nakes) bersiap menghadapi kemungkinan terburuk yang sebenarnya tidak diharapkan semua pihak," kata Agus Mulyadi.

Ia mengatakan, upaya lain yang disiapkan dalam mencegah penyebaran varian Omicron ialah memperketat protokol kesehatan dan penggunaan aplikasi PeduliLindungi.

Selain itu, Agus meminta seluruh elemen masyarakat Kota Cirebon siaga dan mewaspadai penyebaran Covid-19 varian Omicron, namun tidak panik.

Baca juga: Cegah Siswa Terpapar Covid-19, Komisi III DPRD Kota Cirebon Minta Disdik Awasi Ketat PTM 100 Persen

Karenanya, protokol kesehatan harus diterapkan setiap saat. Di antaranya, memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, menghindari kerumunan, dan membatasi mobilitas.

"Mudah-mudahan kesiapan dari semua pihak membuat Omicron tidak menyebar di Kota Cirebon, tapi tetap waspada," ujar Agus Mulyadi.

Sumber: Tribun Cirebon
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved