Breaking News:

Warga Eretan Wetan Datangi DPRD Indramayu, Protes Minta Pemkab Tak Anggap Biasa Banjir Rob

Tri Utomo Rubiyanto mengatakan, dirinya mewakili pemuda Desa Eretan Wetan ingin stigma banjir rob sebagai bencana biasa ini segera bisa dihilangkan.

Penulis: Handhika Rahman | Editor: Mumu Mujahidin
Tribuncirebon.com/Handhika Rahman
Warga Desa Eretan Wetan saat melakukan audiensi di Gedung DPRD Kabupaten Indramayu, Selasa (21/12/2021). 

Laporan Wartawan Tribuncirebon.com, Handhika Rahman

TRIBUNCIREBON.COM, INDRAMAYU - Sejumlah warga di Desa Eretan Wetan, Kecamatan Kandanghaur berbondong-bondong mendatangi gedung DPRD Kabupaten Indramayu, Selasa (21/12/2021).

Mereka ingin, persoalan bencana banjir rob yang melanda desa setempat disikapi secara serius.

Pasalnya, selama ini, bencana langganan tersebut justru dianggap biasa oleh pemerintah sehingga tidak adanya penanganan apapun.

Salah seorang warga, Tri Utomo Rubiyanto (29) mengatakan, dirinya mewakili pemuda Desa Eretan Wetan ingin stigma banjir rob sebagai bencana biasa ini segera bisa dihilangkan.

Warga Desa Eretan Wetan saat melakukan audiensi di Gedung DPRD Kabupaten Indramayu, Selasa (21/12/2021).
Warga Desa Eretan Wetan saat melakukan audiensi di Gedung DPRD Kabupaten Indramayu, Selasa (21/12/2021). (Tribuncirebon.com/Handhika Rahman)

"Karena banjir rob ini berdampak pada rusaknya infrastruktur dan lingkungan serta berdampak juga pada persoalan ekonomi, kesehatan, sosial, hingga pendidikan," ujar dia kepada Tribuncirebon.com seusai melakukan audiensi di Gedung DPRD Kabupaten Indramayu.

Disampaikan Tri Utomo Rubiyanto, pihaknya sudah mengkaji bagaimana solusi kongkrit yang bisa dilakukan dalam upaya pencegahan.

Seperti pembangunan senderan sungai, breakwater, pembenahan drainase, hingga pembuatan alat pemecah ombak (APO), dan lain sebagainya.

Oleh karenanya, dengan adanya audiensi tersebut, masyarakat berharap bisa disikapi serius oleh pemerintah.

Mengingat bencana banjir rob ini yang melanda desa setempat selama bertahun-tahun dan belakangan ini kondisinya semakin parah.

Baca juga: BMKG Beri Peringatan, Ada 23 Wilayah Berpotensi Terdampak Banjir Rob pada 18-22 Desember 2021

Halaman
12
Sumber: Tribun Cirebon
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved