Breaking News:

Sudah Banyak yang Gulung Tikar, Pelaku UMKM Roti di Kuningan Minta Diperhatikan Pemerintah

Pelaku UMKM di Desa Karangmuncang dan Sangkanmulya, Kecamatan Cigandamekar, Kuningan, Jawa Barat minta perhatian pemerintah.

Penulis: Ahmad Ripai | Editor: Mutiara Suci Erlanti
Kontributor Tribuncirebon.com/Ahmad Ripai
Pelaku UMKM roti di Kuningan 

Laporan Kontributor Kuningan Ahmad Ripai

TRIBUNCIREBON.COM,KUNINGAN - Pelaku usaha mikro kecil menengah (UMKM) di Desa Karangmuncang dan Sangkanmulya, Kecamatan Cigandamekar, Kuningan, Jawa Barat minta perhatian pemerintah.

Hal itu menyusul dengan banyak alasan hingga tidak sedikit pelaku usaha disana gulung tikar.

"Ya kami sebagai pelaku UMKM produksi roti minta perhatian terhadap pemerintah. Apalagi dengan perubahan harga bahan baku jelang akhir tahun seperti sekarang," ungkap Ketua Koperasi Roti Sadaya (Kopersada) saat ditemui di pabrik roti Desa Sangkanmulya, Senin (20/12/2021).

Perubahan harga beli bahan baku itu terjadi setiap akhir pekan.

Diketahui untuk sekarang saja, seberat 25 Kg Terigu yang semula hanya seharga Rp 180 ribu kini harus membeli dengan harga Rp 207 ribu.

"Begitu juga dengan harga mentega simas yang biasa kita beli seberat 15 kg, itu harganya Rp 180 ribu, kini malah berubah mencapai sekitar Rp 280 ribu. Belum minyak,  garam, plastik dan banyak lagi barang bahan pokok yang mengalami kenaikan pesat," katanya.

Akibat dari kenaikan harga bahan baku, kata Aripin, tidak sedikit teman yang memiliki pabrik roti itu pasang surut hingga terjadi gulung tikar alias bangkrut.

"Ya untuk sekarang pengusaha roti yang pasang surut itu banyak. Misalnya, dari setiap hari bikin itu sekarang hanya dua sampai tiga kali produksi dalam satu Minggu. I"

Ini sudah ngaco perekonomian kita, belum lagi daya beli masyarakat terhadap hasil UMKM itu berkurang nyaris tidak ada," kata Aripin seraya menambahkan bahwa kawasan pasar produksinya itu dilakukan sekitar wilayah III Cirebon. (*)

 
 

Sumber: Tribun Cirebon
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved