Breaking News:

Bahar bin Smith Buka Suara Lewat Kuasa Hukumnya Soal Video Tantang Polisi yang Viral, Ini Katanya

beberapa warganet yang menyaksikan video unggahan akun @tukangrosok itu menilai, kalau Habib Bahar Bin Smith nampak menantang anggota Polri.

Editor: Mumu Mujahidin
Tribun Jabar/ Daniel Andreand Damanik
Habib Bahar bin Smith di kawal memasuki ruag sidang, Kamis (13/6/2019). 

TRIBUNCIREBON.COM - Video viral Bahar bin Smith yang melontarkan kritik kepada pejabat negara dan jajaran Kepolisian Republik Indonesia ( Polri) berbuntut pelaporan.

Menanggapi hal tersebut tim advokat bela ulama sekaligus kuasa hukum Bahar bin Smith,  Aziz Yanuar meminta setiap pihak mengedepankan dialog dalam menyelesaikan perkara apapun.

Hal itu dia ungkapkan merujuk pada adanya  laporan polisi (LP) terhadap Bahar bin Smith ke  Polda Metro Jaya, pada 17 Desember 2021.

"Hendaknya seluruh pihak mengedepankan dialog dalam hal ini dan tabayyun," kata Aziz saat dikonfirmasi Tribunnews.com, Senin (20/12/2021).

Adapun kata Aziz, langkah atau upaya hukum yang seharusnya ditempuh itu seyogyanya dilakukan jika seluruh upaya untuk berdialog sudah tertutup.

Baca juga: Dengan Nada Suara yang Lantang, Habib Bahar bin Smith Berani Menantang Polisi, Begini Katanya

"Ultimum remedium digunakan jika seluruh kanal musyawarah sudah tertutup," ucap Aziz.

Dalam pernyataannya, Aziz merasa heran dengan pelaporan dugaan pelanggaran Suku, Agama, Ras, Antargolongan (SARA) yang dilayangkan kepada Bahar Bin Smith.

Sebab kata Aziz, masyarakat dapat dengan mudah bereaksi jika isu tersebut yang dijadikan perkara.

Lantas dirinya mengingatkan, kepada siapapun untuk dapat menahan diri dengan tidak mengedepankan aspek emosional.

"Heran kami kadang, jika agamanya dinista tidak merespon, namun jika golongan suku dan asal usul disinggung, reaksinya sebegitu rupa. Mohon menahan diri, semoga Allah beri petunjuk," ucapnya.

Aziz sendiri mengungkapkan saat ini tim advokat sudah mengetahui adanya laporan tersebut, kendati begitu dirinya belum bisa memastikan langkah apa yang akan dilakukan ke depannya menyikapi adanya laporan tersebut.

Diketahui, Habib Bahar bin Smith kembali dipolisikan dalam hal ini ke  Polda Metro Jaya.

Berdasarkan informasi dari Laporan Polisi (LP) yang didapat, laporan ini terdaftar dengan nomor LP/B/6354/XII/2021/SPKT/ Polda Metro Jaya, pada 17 Desember 2021.

Kendati begitu, belum diketahui secara pasti siapa orang atau kelompok yang melaporkan Bahar Bin Smith dengan perkara Menyebarkan Informasi yang Ditujukan untuk Menimbulkan Rasa Kebencian dan atau Permusuhan Antar Individu/Kelompok Berdasarkan SARA tersebut.

Halaman
123
Sumber: Tribunnews.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved