Breaking News:

DAFTAR Lengkap Tarif Tol Akses BIJB Kertajati Majalengka, Segera Beroperasi 20 Desember 2021

Jalan tol akses Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) di Kabupaten Majalengka, Jawa Barat akan segera dioperasikan.

Penulis: Eki Yulianto | Editor: Machmud Mubarok
TribunCirebon.com/Eki Yulianto
Jalan tol akses Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) di Kabupaten Majalengka, Jawa Barat akan segera dioperasikan pada 20 Desember 2021. 

Laporan Wartawan Tribuncirebon.com, Eki Yulianto

TRIBUNCIREBON.COM, MAJALENGKA - Jalan tol akses Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) di Kabupaten Majalengka, Jawa Barat akan segera dioperasikan.

Setelah pada bulan Oktober 2021 lalu selesai dibangun dan dibarengi dengan Surat Keputusan Menteri Pekerja Umum dan Perumahan Rakyat No. 1514/KPTS/M/2021 tentang Penetapan Pengoperasian Jalan Tol Akses BIJB sebagai bagian dari Jalan Tol Cikampek-Palimanan yang terbit 6 Desember 2021 lalu.

Selain itu muncul juga Keputusan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat No. 1515/KPTS/M/2021 tentang Penetapan Golongan Jenis Kendaraan Bermotor dan Besaran Tarif Tol akses BIJB Kertajati sebagai bagian dari Jalan Tol Cikampek-Palimanan.

Dengan rampungnya pembangunan akses jalan tol menuju bandara kebanggaan masyarakat Majalengka itu, Astra Tol Cipali sebagai perusahaan yang memegang hak konsesi Tol Cipali juga telah menetapkan tarif jalan tol tersebut.

Baca juga: Bandara Kertajati Terindikasi Langgar Peraturan Pemerintah Tentang BUMD, Ini Jawaban Pihak PT BIJB

Baca juga: Kabar Gembira, Akses Tol Cipali Menuju BIJB Kertajati Rampung, Dalam Waktu Dekat Bisa Dilalui

Presiden Direktur Astra Tol Cipali, Firdaus Aziz mengatakan, pihaknya telah menetapkan penetapan tarif jalan tol akses BIJB sejak Keputusan Menteri (Kepmen) PUPR ditetapkan.

Adapun besaran tarif disesuaikan dengan asal tujuan perjalanan dan jenis golongan kendaraan.

"Besaran tarif jalan tol akses BIJB Kertajati Majalengka sama dengan exit kertajati lama. Adapun pengoperasian akan dilakukan tanggal 20 Desember 2021 yang diawali peresmian terlebih dahulu," ujar Firdaus Aziz melalui keterangan resminya yang diterima Tribun, Rabu (15/12/2021).

Hanya saja, jelas dia, gerbang tol berganti nama menjadi Gerbang Kertajati Utama.

Nantinya, selain langsung bisa menyambungkan jalan tol ke Bandara, adanya akses tersebut bisa mendukung pengembangan segitiga kawasan pertumbuhan ekonomi di Jawa Barat, yaitu Pelabuhan Patimban di Kabupaten Subang, Bandara Kertajati di Kabupaten Majalengka, dan kawasan di Bekasi, Karawang, dan Purwakarta sebagai sebuah kawasan industri yang saling terkoneksi dan saling mendukung agar berdaya saing.

Halaman
12
Sumber: Tribun Cirebon
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved