Breaking News:

Pascabebas Bersyarat, Gotas Mantan Wabup Cirebon Harus Ikuti Bimbingan dan Wajib Lapor Hingga 2023

Mantan Wakil Bupati Cirebon, Tasiya Soemadi akhirnya kembali menghirup udara segar setelah dinyatakan bebas bersyarat dari Lapas Kelas I Cirebon.

Penulis: Ahmad Imam Baehaqi | Editor: dedy herdiana
Tribuncirebon.com/Ahmad Imam Baehaqi
Mantan Wakil Bupati Cirebon, Tasiya Soemadi, saat ditemui di kediamannya usai dinyatakan bebas bersyarat dari Lapas Kelas I Cirebon, Sabtu (11/12/2021) 

Laporan Wartawan Tribuncirebon.com, Ahmad Imam Baehaqi

TRIBUNCIREBON.COM, CIREBON - Mantan Wakil Bupati Cirebon, Tasiya Soemadi akhirnya kembali menghirup udara segar setelah dinyatakan bebas bersyarat dari Lapas Kelas I Cirebon.

Pria yang akrab disapa Gotas itu mendekam di balik jeruji besi sejak 2018 dan dinyatakan bebas bersyarat mulai hari ini.

Namun, Gotas harus wajib lapor ke Balai Pemasyarakatan (Bapas) Kelas I Cirebon setiap bulannya dan mengikuti bimbingan kemasyarakatan hingga 2023.

PLH Kepala Bapas Kelas I Cirebon, Agus Susilo, melalui Kasubsi Registrasi, Ade Ruchyat, mengatakan, berkas registrasi Gotas sebagai klien Bapas telah diterima pada Jumat (10/12/2021).

"Berkas registrasinya sudah diterima sejak kemarin dan yang bersangkutan (Gotas) bebas bersyarat terhitung mulai hari ini," kata Ade Ruchyat saat dihubungi melalui sambungan teleponnya, Sabtu (11/12/2021).

Ia mengatakan, Gotas harus menjalani wajib lapor dan program bimbingan hingga masa bebas bersyaratnya selesai pada 7 Mei 2023.

Pihaknya mengakui, Gotas sebenarnya dinyatakan bebas murni pada 7 Mei 2022. Namun, masa bimbingannya ditambah satu tahun karena diawali bebas bersyarat.

"Jadi, ada penambahan masa pengawasan selama satu tahun setelah Pak Gotas dinyatakan bebas murni," ujar Ade Ruchyat.

Ade menyampaikan, selama masa bimbingan Gotas harus melaporkan seluruh aktivitasnya kepada Petugas Kemasyarakatan (PK) Bapas Kelas I Cirebon.

Selain itu, petugas juga bakal mendatangi lingkungan tempat tinggalnya untuk menanyakan perilaku sehari-hari Gotas kepada masyarakat sekitar.

"Pengawasan tersebut juga untuk memastikan bahwa klien benar-benar telah diterima kembali oleh masyarakat," kata Ade Ruchyat.

Baca juga: Gotas, Mantan Wakil Bupati Cirebon, Bebas Bersyarat Mulai Hari Ini, Dipenjara Karena Korupsi Bansos

Baca juga: Bebas Bersyarat Mulai Hari Ini, Gotas Mantan Wakil Bupati Cirebon: Jangan Seperti Saya

Sumber: Tribun Cirebon
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved