Breaking News:

Pertamina Luncurkan Jenis BBM Baru, Namanya Dex Sulphur 10 ppm, Hari Ini Penyaluran Perdana

PT Pertamina (Persero) meluncurkan jenis produk BBM terbaru Dex Sulphur 10 ppm (Ultra Low Sulphur Diesel).

Penulis: Handhika Rahman | Editor: Machmud Mubarok
TribunCirebon.com/Handhika Rahman
Penyaluran perdana BBM jenis baru Pertamina Dex Sulphur 10 ppm (Ultra Low Sulphur Diesel) di Kilang Balongan Indramayu, Selasa (7/12/2021). 

Laporan Wartawan Tribuncirebon.com, Handhika Rahman

TRIBUNCIREBON.COM, INDRAMAYU - PT Pertamina (Persero) meluncurkan jenis produk BBM terbaru, bahan bakar ini dinilai lebih ramah lingkungan dan dapat mengurangi emisi kendaraan di Indonesia.

Yakni Pertamina Dex Sulphur 10 ppm (Ultra Low Sulphur Diesel). 

Direktur Utama PT Kilang Pertamina Internasional (KPI), Djoko Priyono mengatakan, Pertamina Dex Sulphur 10 ppm ini diciptakan berkat inovasi perusahaan dengan tujuan untuk menghasilkan produk-produk berkualitas yang dapat memenuhi ekspetasi pasar.

Pembuatannya dilakukan langsung oleh Subholding Refining & Petrochemical, PT Kilang Pertamina Internasional (KPI) di Kilang Balongan Indramayu dan pada hari ini dilakukan penyaluran perdana.

"Pertamina Dex 10 ppm ini diyakini setara EURO 5 dengan Cetane Number 53 yang dapat memaksimalkan pembakaran untuk performa mesin," ujar dia kepada Tribuncirebon.com, Selasa (7/12/2021).

Baca juga: Tatang Tak Perlu Lagi Melintas Bukit untuk Beli BBM, Pertashop Hadir di Desa Argalingga Majalengka

Baca juga: ASN di Indramayu Terlibat Sindikat Pemalsu Oli dan BBM Ilegal di Jawa Tengah, Polisi Lansung Gerebek

Djoko Priyono mengatakan, dalam kandungannya, BBM ini memiliki kadar sulfur yang rendah sehingga menjadikannya sebagai jenis bahan bakar yang lebih ramah lingkungan.

Selain itu, adanya kandungan aditif pelindung yang dapat mencegah terjadinya korosi pada mesin, BBM ini juga memaksimalkan perlindungan agar mesin lebih awet.

Masih dikatakan Djoko Priyono, penyaluran Perdana Pertamina Dex 10 ppm yang dilakukan pada hari ini sekaligus menjadi bukti nyata kolaborasi dan sinergi antara Subholding Refinery & Petrochemicals dan subholding Commercial & Trading dalam rangka mengkomersilkan produk unggulan.

"Sinergi antar subholding ini juga untuk mendukung pencapaian aspirasi Pertamina menjadi perusahaan dengan nilai pasar 100 milyar dollar pada tahun 2024," ujar dia.

General Manager PT KPI Kilang Balongan, Diandoro Arifian menambahkan, proses penyaluran perdana Pertamina Dex 10 ppm ke konsumen akan dilakukan melalui sinergi dengan Subholding Commercial & Trading, PT Pertamina Patra Niaga – Regional Jawa Bagian Barat. 

Dalam proses produksinya, BBM jenis baru ini dapat disempurnakan setelah melalui berbagai tahapan evaluasi, modifikasi, serta optimasi yang panjang.

Ia juga menilai, keberhasilan terciptanya Pertamina Dex 10 ppm pun tidak terlepas dari kolaborasi super tim yang berasal dari berbagai fungsi yaitu Engineering & Development, Refinery Planning & Optimization, Produksi, serta Maintenance.

"Saya selaku General Manager RU VI Balongan mengucapkan terima kasih dan memberikan apresiasi yang setinggi-tingginya atas kerja keras para pekerja dan seluruh pihak yang terlibat dalam keberhasilan produksi Pertamina Dex 10 ppm ini," ujar dia.

Sumber: Tribun Cirebon
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved