Breaking News:

Agar Tak Ada yang Mabuk-mabukan Saat Pilwu Serentak, Polresta Cirebon Musnahkan Ribuan Botol Miras

Miras yang dimusnahkan di halaman Mapolresta Cirebon tersebut merupakan hasil operasi cipta kondisi menjelang tahap pemungutan suara Pemilihan Kuwu

Penulis: Ahmad Imam Baehaqi | Editor: Machmud Mubarok
Humas Polresta Cirebon
Proses pemusnahan miras menggunakan setum di Mapolresta Cirebon, Jalan R Dewi Sartika, Kecamatan Sumber, Kabupaten Cirebon, Jumat (19/11/2021) 

Laporan Wartawan Tribuncirebon.com, Ahmad Imam Baehaqi

TRIBUNCIREBON.COM, CIREBON - Jajaran Polresta Cirebon memusnahkan ribuan minuman keras (miras) berbagai merek, Jumat (19/11/2021).

Miras yang dimusnahkan di halaman Mapolresta Cirebon tersebut merupakan hasil operasi cipta kondisi menjelang tahap pemungutan suara Pemilihan Kuwu (Pilwu) Serentak 2021.

Jajaran Forkopimda Kabupaten Cirebon memulai pemusnahan miras itu dengan melemparkannya kemudian dihancurkan menggunakan mesin setum.

Bahkan, puluhan jeriken yang berisi ribuan liter miras jenis ciu dan tuak juga turut dilindas setum setelah dituangkan ke hamparan botol miras tersebut.

Baca juga: Ribuan Personel Gabungan Disiagakan di TPS Pilwu Serentak se-Kabupaten Cirebon

Kapolresta Cirebon, Kombes Pol Arif Budiman, mengatakan, miras yang dimusnahkan itu hasil merupakan hasil operasi cipta kondisi menjelang tahap pemungutan suara Pilwu Serentak 2021 yang digelar pada Minggu (21/11/2021).

"Pemusnahan miras ini sebagai bentuk pertanggungjawaban dari kegiatan razia yang dilaksanakan dalam rangka Pilwu Serentak 2021 untuk mencegah potensi gangguan kamtibmas dalam momentum tersebut," ujar Arif Budiman saat ditemui usai kegiatan.

Ia mengatakan, jumlah miras yang dimusnahkan mencapai 10031 botol berbagai merek, 3554 liter ciu, dan 4.986 liter tuak.

Miras-miras tersebut disita dari para pedagang dalam kurun 10 hari terakhir untuk mengantisipasi kejadian yang tidak diinginkan, khususnya saat pemungutan suara pilwu.

Agar momen pemungutan suara Pilwu Serentak 2021 di Kabupaten Cirebon berjalan aman dan nyaman tanpa adanya gangguan tindak kriminal sehingga kondusivitas wilayah tetap terjaga.

Pihaknya menegaskan tidak akan pernah berhenti menggelar razia miras. Bahkan, kegiatan operasi cipta kondisi semacam itu bakal dilaksanakan secara rutin di wilayah hukum Polresta Cirebon.

Arif memastikan, Polresta Cirebon tak akan henti-hentinya menggelar operasi pekat dengan mendatangi warung-warung yang nekat menjual miras.

Pasalnya, selama ini miras sering kali menjadi sumber atau pemicu terjadinya berbagai tindak kriminalitas di Kabupaten Cirebon. 

"Kejahatan konvensional yang diawali mengonsumsi miras kerap terjadi, tapi kami tidak akan pernah berhenti untuk memberantasnya, sehingga Kabupaten Cirebon selalu kondusif," kata Arif Budiman.

Sumber: Tribun Cirebon
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved