Breaking News:

Virus Corona di Majalengka

Vaksinasi Covid-19 di Majalengka Lebih dari 50 Persen, Kini Statusnya PPKM Level 2

Hal tersebut berdasarkan Inmendagri Nomor 60 Tahun 2021 tentang PPKM Level 4, Level 3, Level 2, dan Level 1.

Penulis: Eki Yulianto | Editor: Fauzie Pradita Abbas
Istimewa
Gambar mikroskop elektron transmisi menunjukkan virus corona SARS-CoV-2, juga dikenal sebagai 2019-nCoV, virus coronavirus yang menyebabkan COVID-19 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Eki Yulianto

TRIBUNCIREBON.COM, MAJALENGKA - Status pandemi Covid-19 di Kabupaten Majalengka turun ke PPKM level 2 dari sebelumnya PPKM level 3. 

Hal tersebut berdasarkan Inmendagri Nomor 60 Tahun 2021 tentang PPKM Level 4, Level 3, Level 2, dan Level 1.

Di mana, salah satu pertimbangannya, karena cakupan vaksinasi Covid-19 yang telah melampaui 50 persen.

"Ya betul, berdasarkan laporan yang kami terima bahwa Kabupaten Majalengka sekarang masuk di PPKM level 2," ujar Sekretaris Daerah (Sekda) Majalengka, Eman Suherman saat dikonfirmasi, Selasa (16/11/2021).

Dijelaskan Sekda Majalengka, penurunan level PPKM itu berdasarkan persyaratan capaian vaksinasi di Majalengka telah terpenuhi.

Seperti yang diketahui, bahwa penilaian PPKM kali ini bukan soal banyak atau sedikitnya kasus terkonfirmasi Covid-19. Melainkan, dinilai dari capaian vaksinasi di setiap daerah.

"Persyaratan penilaian kemarin, ketika kita tidak terpenuhi cakupan vaksin mencapai 50 persen untuk umum dan remaja, maka tidak akan mungkin kita ada di Level 2. Kemudian kalangan lansia, untuk ke level 2 itu harus 40 persen," ucapnya.

Pihaknya pun bersyukur, respon pemerintah daerah terkait keinginannya untuk kembali turun ke level 2 PPKM sangat tinggi.

"Alhamdulillah dalam kurun waktu 10 hari kita sudah naik posisi untuk capaiannya vaksinasi umum dan remaja. Saat ini sudah di atas 54 persen. Dan kemudian untuk lansia sudah di atas 40 persen, ini lah yang menyebabkan hari ini kenapa Majalengka jadi level 2 dari sebelumnya level 3," jelas dia.

Pencapaian tersebut, Eman menuturkan, merupakan hasil upaya program vaksinasi yang terus digencarkan Pemkab Majalengka serta atas kerjasama dengan semua pihak.

"Pak Bupati Majalengka sudah membangun kerjasama yang luar biasa dengan membentuk 424 tim vaksinator yang bersama-sama dengan para Camat, Kapolsek, Danramil, kita melaksanakan vaksinasi ke setiap desa bahkan sampai ke RT, RW," katanya 

Disinggung target level 1, dia mengatakan, pihaknya optimis beberapa pekan ke depan capai vaksinasi di Majalengka bisa mencapai di angka 75 persen lebih.

"Mudah-mudahan tanggal 20 nanti. Kita sudah bisa menyuguhkan cakupan vaksin di atas 75 persen untuk umum dan remaja. Dan 60 persen untuk lansia. Kalau sudah tercapai otomatis kita bergeser ke level 1, Insya Allah mudah-mudahan," ujarnya.

Sumber: Tribun Cirebon
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved