Breaking News:

Hasil Penyelidikan Kebakaran Tangki Pertamina Cilacap: Ada Kilatan Petir Tertangkap 2 Kamera CCTV

Hasil penyelidikan sementara kebakaran tangki di kilang minyak Pertamina Cilacap, terungkap ada kilatan petir yang terekam dua kamera CCTV.

Editor: dedy herdiana
KompasTV
Kilang Minyak Pertamina Cilacap terbakar, Sabtu (13/11/2021). 

TRIBUNCIREBON.COM, JAKARTA - Hasil penyelidikan sementara kebakaran tangki di kilang minyak Pertamina Cilacap, terungkap ada kilatan petir yang terekam dua kamera CCTV.

Kilatan petir tertangkap kamera CCTV menyambar kilang minyak Pertamina di Cilacap, Jawa Tengah, sebelum terjadi insiden kebakaran, Sabtu (13/11/2021) malam.

Kabag Penum Divisi Humas Polri Kombes Pol Ahmad Ramadhan mengatakan tim penyidik telah memeriksa 7 kamera CCTV yang berada di sekitar lokasi kilang minyak Pertamina di Cilacap.

Tak lama setelah itu, kemudian timbul percikan api yang menimbulkan kebakaran di tangki area 36T102.

"Telah dilakukan pemeriksaan terhadap 7 CCTV. Dari 2 CCTV di sekitar TKP didapati informasi pada pukul 19.10 WIB adanya kilatan cahaya atau petir lalu tidak berselang lama timbul kebakaran akibat petir menyambar tangki area 36T102," kata Ramadhan di Mabes Polri, Jakarta, Senin (15/11/2021).

Ia menyampaikan dugaan tersebut diperkuat berdasarkan pemeriksaan seorang saksi yang berasal dari Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG).

Baca juga: Tangki Kilang Pertamina Cilacap Terbakar, Pekerja Berhasil Dievakuasi, Tak Ada Korban Jiwa

Baca juga: Tangki di Kilang Cilacap Kebakaran, Pengamat: Harus Dilakukan Audit Investigatif

Saksi itu menyatakan ada dua titik petir dengan jarak 45 Km dan 12 Km.

"Sehingga sementara ini penyidik Polda Jawa Tengah menduga bahwa penyebab kebakaran sesuai keterangan saksi dan dari petunjuk CCTV adalah induksi akibat sambaran petir," ungkap dia.

Lebih lanjut, Ramadhan menyatakan pihak tim Laboratorium Forensik Mabes Polri masih berada di Cilacap untuk melakukan penyelidikan kasus tersebut.

Baca juga: Soal Kebakaran Tangki Cilacap, Dewan Komisari Minta Ada Sanksi Tegas Bila Ada Unsur Kelalaian

"Kami sampaikan juga tim lapor laboratorium forensik Mabes Polri sudah berada di TKP tentunya untuk melakukan pendalaman. Kami sampaikan juga kejadian tersebut tidak ada korban jiwa. Tentunya ada kerugian materil," katanya.

Akan lakukan investigasi

Halaman
1234
Sumber: Tribunnews.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved