Breaking News:

Tak Perlu Swab Test PCR, Sekarang Syarat Naik Kereta Api Cukup Bawa Hasil Rapid Test Antigen

Masyarakat yang hendak naik kereta api jarak jauh tampaknya tidak perlu melakukan pemeriksaan swab test PC

Tribuncirebon.com/Ahmad Imam Baehaqi
Penumpang saat menjalani pemeriksaan rapid test antigen di Stasiun Cirebon Prujakan, Jalan Nyi Mas Gandasari, Kota Cirebon, Sabtu (23/10/2021). 

Laporan Wartawan Tribuncirebon.com, Ahmad Imam Baehaqi

TRIBUNCIREBON.COM, CIREBON - Masyarakat yang hendak naik kereta api jarak jauh tampaknya tidak perlu melakukan pemeriksaan swab test PCR.

Pasalnya, kini syarat naik kereta api jarak jauh bagi penumpang cukup menggunakan rapid test antigen yang menyatakan hasil pemeriksaannya negatif Covid-19.

Manajer Humas PT KAI Daop 3 Cirebon, Suprapto, mengakui perubahan aturan itu sesuai Surat Edaran Kementerian Perhubungan Nomor 97 Tahun 2021.

Baca juga: Sambut Hari Pahlawan, PT KAI Daop 3 Cirebon Gratiskan Guru, Nakes, dan Veteran RI Naik Kereta Api

Surat edaran tentang Petunjuk Pelaksanaan Perjalanan Orang Dalam Negeri dengan Transportasi Perkeretaapian Pada Masa Pandemi Covid-19 itu diterbitkan pada 2 November 2021.

Bahkan, menurut dia, aturan tersebut berlaku secara efektif mulai awal November 2021 ini sehingga penumpang tidak perlu melampirkan hasil tes swab PCR untuk syarat naik kereta api jarak jauh.

"Jadi, cukup menggunakan surat keterangan negatif Covid-19 hasil rapid test antigen yang pengambilan sampelnya maksimal 1 × 24 jam sebelum keberangkatan," kata Suprapto saat ditemui di Stasiun Cirebon, Jalan Inspeksi, Kota Cirebon, Sabtu (6/11/2021).

Penumpang yang turun dari kereta api di Stasiun Cirebon, Jalan Inspeksi, Kota Cirebon, Selasa (20/7/2021)
Penumpang yang turun dari kereta api di Stasiun Cirebon, Jalan Inspeksi, Kota Cirebon, Selasa (20/7/2021) (Tribuncirebon.com/Ahmad Imam Baehaqi)

Ia mengatakan, jika ada penumpang yang membawa hasil negatif tes swab PCR masih berlaku maka tetap diterima pada saat boarding dan diizinkan naik kereta api jarak jauh.

Pihaknya juga menyediakan layanan rapid test antigen bagi penumpang kereta api di lima stasiun, di antaranya, Stasiun Cirebon, Stasiun Cirebon Prujakan, Stasiun Jatibarang, Stasiun Haurgeulis, dan Stasiun Brebes.

Layanan rapid test antigen di seluruh stasiun tersebut juga dipastikan beroperasi hingga malam hari untuk memudahkan para penumpang melengkapi persyaratan naik kereta api.

Baca juga: Setelah Berita Penolakan PCR Heboh, Kini Perjalanan Jarak Jauh Kereta Api Tak Lagi Pakai PCR

"Tarif rapid test antigennya hanya Rp 45 ribu perorang, dan layanan ini beroperasi di stasiun setiap hari dari pagi sampai malam," ujar Suprapto.

Selain itu, PT KAI Daop 3 Cirebon pun menyediakan layanan vaksinasi Covid-19 secara gratis bagi para penumpang di Klinik Mediska yang berada persis di samping Stasiun Cirebon.

Sebab, selain melampirkan surat keterangan negatif Covid-19 dari hasil rapid test antigen, penumpang juga harus menunjukkan sertifikat vaksinasi minimal dosis pertama sebagai syarat naik kereta api jarak jauh.

"Ini sebagai bentuk dukungan terhadap pemerintah, sehingga PT KAI selalu mengikuti dan mematuhi seluruh ketentuan yang ditetapkan untuk mencegah penyebaran Covid-19, khususnya di moda transportasi kereta api," kata Suprapto.

Sumber: Tribun Cirebon
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved