Breaking News:

Komplotan Pengganjal ATM Ini Beraksi 21 Kali di Wilayah Kuningan, Cirebon, hingga Bandung

AKBP M Fahri Siregar, mengatakan, dari hasil pemeriksaan sementara diketahui bahwa komplotan pengganjal ATM itu telah beraksi 21 kali sejak September

Penulis: Ahmad Imam Baehaqi | Editor: dedy herdiana
Tribuncirebon.com/Ahma Imam Baehaqi
Komplotan pencuri modus ganjal ATM saat konferensi pers di Mapolres Cirebon Kota, Jalan Veteran, Kota Cirebon, Sabtu (30/10/2021). 

Laporan Wartawan Tribuncirebon.com, Ahmad Imam Baehaqi

TRIBUNCIREBON.COM, CIREBON - Satreskrim Polres Cirebon Kota membekuk komplotan pencuri modus ganjal ATM menggunakan tusuk gigi.

Kapolres Cirebon Kota, AKBP M Fahri Siregar, mengatakan, dari hasil pemeriksaan sementara diketahui bahwa komplotan pengganjal ATM itu telah beraksi 21 kali sejak September 2021.

Menurut dia, aksi itu dilakukan di berbagai wilayah, Di antaranya, Kota Cirebon, Kabupaten Cirebon, Kabupaten Kuningan, hingga Bandung.

"Bahkan, di Bandung saja komplotan ini beraksi sebanyak tiga kali," ujar M Fahri Siregar saat konferensi pers di Mapolres Cirebon Kota, Jalan Veteran, Kota Cirebon, Sabtu (30/10/2021).

Ia mengatakan, empat tersangka yang berinisial AG (40), TM (43), RM (26), dan RS (27) tersebut beraksi sembilan kali di Kabupaten Cirebon dan Kuningan.

Namun, saat beraksi di Kota Cirebon komplotan itu berhasil dibekuk. Bahkan, petugas juga sempat membuntuti para pelaku sebelum menciduknya.

"Dari seluruh TKP, kerugian korban berbeda-beda. Dalam peristiwa di Jalan Pilang Raya kemarin, korban mengalami kerugian Rp 6,6 juta," kata M Fahri Siregar.

Fahri menyampaikan, barang bukti yang diamankan di antaranya, 67 kartu ATM palsu, tusuk gigi, gunting, gergaji kecil, ponsel, mobil, dan lainnya.

Pihaknya menilai, komplotan tersebut cukup lihai saat beraksi. Bahkan, telah menyiapkan beberapa pelat nomor kendaraan palsu untuk mengelabui petugas.

Pasalnya, jika saat beraksi kendaraan yang digunakannya terekam CCTV maka akan sulit terdeteksi. Pelat nomor itu pun digunakan bergantian ketika beraksi.

"Dalam kasus ini, kami berhasil mengungkap karena pakaian yang digunakan pelaku saat ditangkap sama seperti yang dikenakan saat beraksi dan terekam di CCTV," ujar M Fahri Siregar.

Ia mengimbau, masyarakat lebih berhati-hati dan waspada saat hendak menggunakan ATM karena kasus pencurian modus ganjal ATM masih terjadi.

Bahkan, jajarannya sempat mengamankan komplotan tersangka kasus serupa meski modus yang dijalankannya berbeda.

"Kalau perlu baca situasi dulu sebelum menggunakan ATM, mohon berhati-hati saat merasa ada yang mengikuti atau pura-pura membantu membetulkan ATM," kata M Fahri Siregar.

Baca juga: Komplotan Pencuri Modus Ganjal ATM Ini Tak Berkutik Lagi, Diringkus Polres Cirebon Kota 

Sumber: Tribun Cirebon
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved