Breaking News:

Muncul Kasus Covid-19 di PON XX Papua, Pasien Diminta Karantina dan Perketat Protokol Kesehatan

Pemerintah disebut sudah merencanakan dan menerapkan kebijakan dan pemberlakukan protokol kesehatan selama penyelenggaraan PON XX Papua.

kemlu.go.id
PON Papua logo 

TRIBUN- Satgas Covid-19 mengklaim Indonesia cukup mampu mencegah lonjakan kasus Covid-19 di ajang PON XX Papua.

Pemerintah disebut sudah merencanakan dan menerapkan kebijakan dan pemberlakukan protokol kesehatan selama penyelenggaraan PON XX Papua.

"Buktinya hanya ditemukan 83 kasus terkonfirmasi positif Covid-19  per 11 Oktober dari hampir 10.000 peserta yang mengikuti acara PON XX," kata Jubir Satgas Penanganan Covid-19, Wiku Adisasmito dalam siaran live BNPB Indonesia, Selasa (12/10/2021).

Wiku mengatakan, ada sekitar 0,83% sebagai tambahan keluhan penyakit lain yang tercatat selama penyelenggaraan PON XX Papu yaitu 4 kasus malaria dan 2 kasus diare.

Pemerintah, kata Wiku, telah melakukan beberapa upaya pencegahan Covid-19 selama Pon 20 berlangsung di Papua.

Saat pra acara, pemerintah melakukan rapat koordinasi jajaran pemerintah pusat baik Satgas maupun Kementerian lembaga terkait kelayakan daerah baik kondisi kasus cakupan vaksinasi dan kesiapan sarana dan prasarana secara umum untuk menyelenggarakan acara besar.

Lalu dilanjut dengan rapat koordinasi dengan jajaran pemerintah daerah untuk memastikan kesiapan dan komitmen Pemerintah Daerah menyelenggarakan acara besar dengan penerapan protokol kesehatan yang ketat.

"Selanjutnya pembentukan Satgas protokol kesehatan 3 m. Selama rangkaian acara berlangsung, sebagai pihak yang khusus dipilih mengawasi kepatuhan protokol kesehatan saat acara utama berlangsung," jelas Wiku.

Selanjutnya, monitoring persiapan teknis protokol kesehatan oleh tim asistensi dari Satgas Covid-19 pusat yang terjunkan langsung ke daerah.

"Hal ini dilakukan untuk melakukan bimbingan bagi pihak daerah khususnya kesempurnaan kesiapan penerapan protokol kesehatan " jelas Wiku.

Halaman
123
Sumber: Tribun Cirebon
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved